PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TPS

Nurul Hikmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a)ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII-E Semester genap SMPN 7 Probolinggo; (b)ingin mengetahui pengaruh metode kooperatif model TPS dalam meningkatkan prestasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA pada siswa kelas VIII E SMPN 7 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (54,3%), siklus II (74,3%), siklus III (85,7%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII-E, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

Keywords


Prestasi belajar IPA dan metode kooperatif model TPS.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. dan Bintoro, Totok.2000. Memahami dan Menangani

Siswa dengan Problema dalam Belajar. Jakarta: Pedoman Guru.

Arikunto, Suharsimi 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:Bina Aksara.

Brigman. 2002. Konsep Dasar dan Hakekat IPA. Jakarta: Lestari.

Prayitno, E. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Riadi, Bambang. 2013. Definisi Belajar dan Pembelajaran.

https://bambangriadi1008.wordpress.com/2013/09/03/d efinisibelajar-dan-pembelajaran/

Sudarmanto. 2017. Model–Model Pembelajaran Untuk Penelitian

Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sugiarti, Titik. 1997. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: PrestasiPustaka Publisher


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats