Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a)ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII-E Semester genap SMPN 7 Probolinggo; (b)ingin mengetahui pengaruh metode kooperatif model TPS dalam meningkatkan prestasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA pada siswa kelas VIII E SMPN 7 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (54,3%), siklus II (74,3%), siklus III (85,7%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII-E, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.
Keywords
Prestasi belajar IPA dan metode kooperatif model TPS.
References
Abdurrahman, M. dan Bintoro, Totok.2000. Memahami dan Menangani
Siswa dengan Problema dalam Belajar. Jakarta: Pedoman Guru.
Arikunto, Suharsimi 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:Bina Aksara.
Brigman. 2002. Konsep Dasar dan Hakekat IPA. Jakarta: Lestari.
Prayitno, E. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Riadi, Bambang. 2013. Definisi Belajar dan Pembelajaran.
https://bambangriadi1008.wordpress.com/2013/09/03/d efinisibelajar-dan-pembelajaran/
Sudarmanto. 2017. Model–Model Pembelajaran Untuk Penelitian
Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.
Sugiarti, Titik. 1997. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta: PrestasiPustaka Publisher