PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK–PAIR–SHARE MELALUI PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X1 AP1 JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 5 MANADO PADA MAPEL KOMPETENSI KEJURUAN KOMPETENSI DASAR MC

Elisabet Manumpil

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Melalui Public Speaking Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada mapel Kompetensi Kejuruan Kompetensi Dasar MC Kelas X1 AP 1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 5 Manado mempunyai tujuan membentuk keterampilan soft skill siswa dalam berkomunikasi di depan umum. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keterampilan siswa berkomunikasi secara verbal yaitu 6,4%; komunikasi non verbal hanya 36,6%; komunikasi secara intonasi 22,5%. Hasil penelitian siklus I, kategori sangat terampil 7,5% atau 3 siswa, kategori terampil 65% atau 26 siswa, kategori kurang terampil 25% atau 10 siswa, kategori tidak terampil 2,5% atau 1 siswa, kategori sangat tidak terampil 0% atau 0 siswa. Pada siklus II, kategori sangat terampil yaitu 27,5% atau 11 siswa, kategori terampil 72,5% atau 29 siswa, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang terampil, tidak terampil dan sangat tidak terampil.

 


Keywords


Model Pembelajaran Think-Pair-Share, Public Speaking, dan Keterampilan Komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan

Strategi. Bandung: Angkasa.

Arianti, Peni. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK PAIR SHARE (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

N 8 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Badudu, Rendra dan Shinta Dewi. 2012. Bukan Pidato dan MC Biasa, Seni Praktik Public Speaking Super Dahsyat. Yogyakarta: Pustaka

Cerdas Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo

Effendy, Onnong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung: Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2008. Prencanaan Pengajaran Berdasarkan

Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Iru, La dan Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan Metode

,Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Presindo

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats