PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 SAMPAI DENGAN 5 MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN PASAK

Chustin Andarwati

Abstract


Program kegiatan pembelajaran di TK , disusun sebagai upaya untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar yang merupakan salah satu kemampuan dan potensi yang terdapat pada diri anak agar dapat berkembang secara optimal dengan bantuan latihan , pemberian tugas, praktek langsung dan pembinaan dari guru. Berdasarkan  judul karya tulis di atas, maka timbul permasalahan bagaimana cara mempelajari proses belajar mengajar membilang 1 sampai dengan 5 melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan alat peraga papan pasak. Berdasar permasalahan yang ada maka penulis merancang penelitian tindakan kelas ini agar anak lebih mudah dalam memahami bilangan dengan menggunakan papan pasak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Mutiara Alam dengan 13 anak pada kelompok B dengan 2 siklus dengan melalui pengamatan, pemberian tugas, praktek langsung baik secara kelompok atau mandiri. Berdasar hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran pemahaman bilangan 1 sampai dengan 5 melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan alat peraga papan pasak dapat meningkatkan kemampuan anak hingga mencapai 90 %.

 

 


Keywords


Kemampuan membilangan, metode pemberian tugas dan papan pasak

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Kemampuan Motorik Halus Melalui Keterampilan

Tangan.

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Kurikulum TK 2004

Martini, Jamaris. 2004, Pengembangan Kreatifitas di Taman Kanak-kanak.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58

Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Pra sekolah.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats