PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII

Tri Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: 1)media pembelajaran berbasis flash yang efektif pada proses pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Kelas VIII; 2)media pembelajaran berbasis flash yang efisien pada proses pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Kelas VIII di SMP Negeri 3 Probolinggo; 3)media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik pada Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Kelas VIII; 4)media pembelajaran berbasis flash pada Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Kelas VIII dapat dijadikan salah satu alternatif menciptakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Model penelitian dan pengembangan mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Sugiono. Tahapan penelitian yaitu pra penelitian, menyusun naskah dan desain produk, validasi ahli materi IPA dan ahli media, revisi desain dan produk, tahap akhir uji produk pada kelompok terbatas dan ke kelompok besar.  Didapat bahwa media pembelajaran Flash menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien, menarik dan dapat digunakan sebagai salah satu upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien.

 

 


Keywords


Pengembangan media flash

Full Text:

PDF

References


Arief S Sadiman. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyadi, Skripsi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat Dan Perubahannya Kelas VII SMP 5 Satu Atap Bumijawa. Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Gagne, R. M. dkk. 1992. Priciples of Instructional Design. Fort Wort, TX: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Hamalik, Oemar.2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B, dkk. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J.J, Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jokjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: The Learning University

Mustadji. 2013. Media Pembeljaran. Surabaya: Unesa University Press

Silberman, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian dan (Pendekatan Kuantitatif , kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats