UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Darmadi Darmadi

Abstract


Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa di kelas, serta menentukan solusi terhadap masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan prosedur kerja dengan siklus spiral dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII A SMPN 3 Nglegok Kabupaten Blitar. Siswa yang menjadi sasaran penelitian berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki (pa) dan 17 siswa perempuan (pi). Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kelas VII A SMPN 3 Nglegok Kabupaten Blitar pada semester 1 tahun pelejaran 2015/2016. Pada siklus I kualitas pembelajaran mulai kelihatan adanya peningkatan, yaitu sebesar 78,3%, keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 65,7% dan prestasi belajar siswa rata-rata sebesar 77,39. Pada siklus II peningkatan kualitas pembelajaran nampak jelas, yaitu sebesar 88,3% lebih baik dari siklus I 78,3%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 65,7% menjadi 84,3%. Sedangkan prestasi belajar siswa mengalami ketuntasan yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Rata-rata siswa sebesar 89,69.

 

 


Keywords


Aktivitas siswa dan model pembelajaran kepala bernomor struktur

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999, Penelian Tindakan (Action Research). Jakarta: Depdikbud.

Djuhari, dkk. 1994. Teknik Menyusun Karya Tulis dan Sinopsis untuk SMA. Surabaya : Bina Ilmu.

Kennedy, Leonard M. 1984. Guiding Children’s Learning of Mathemathics. California: Wadsworth Publishing Company A Division Of Wadsworth, Inc.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pedoman Khusus: Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Depdiknas.

Reesink, Carole J. 1993. Teacher Made Ards For Elementary School Mathematics: Reading From The Arithmetic Teacher. Virginia : NCTM, Inc.

Sukmadinata, Nana S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja RoSMPakarya.

Tim Widyaiswara LPMP Jatim, 2004. Makalah: Inovasi Pembelajaran.

Tim Pembina Matakuliah Metodologi Penelitian Administrasi Publik, 2001. Metodologi Penelitian Administrasi Publik. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Wijaya Putra.

Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats