PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MEMPRODUKSI TEKS BERITA SISWA KELAS XII TGB 1 SMK NEGERI 1 MOJOKERTO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)

Lilik Mus’idah Hayati

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TGB 1 SMK Negeri 1 Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 orang. Setelah pelaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan menunjukkan sebagai berikut: 1)Pembelajaran dengan model Investigasi Kelompokmemiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi siswa untuk aktif mengikuti proses pembelajaran. Pada siklus 1 (62.50%) dan siklus 2 (100 %) siswa terlibat secara aktif dala proses pembelajaran. 2)Pembelajaran dengan model Investigasi Kelompokdapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus 1 (50.0%), siklus2 (100%).

 

 


Keywords


Motivasi dan prestasi belajar, model pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation).

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghazali, A. Syukur. 2002. Menerapkan Paradigma Konstruktivisme melalui Strategi Belajar Kooperatifdalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, vol. 9, no. 2, Oktober 2002 : 115 -131.

Hasan, Iqbal M. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jamaludin. 2002. Pembelajaran yang Efektif. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Johnson, Elaine B, ed. Setiawan. 2006. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

Kasbolah, K. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: PPGSD Dirjen Dikti Depdikbud.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, M. Choir Rofiq. 2008. Inovasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah. Surabaya: Pemerintah Provinsi JawaTimur.

Riyanto, Yatim. 2008. Paradigma Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktifistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, H.S. 2008. Kesatuan Berbahasa dan Etika Komunikasi dalam Lintas Budaya. Jakarta: Balai Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats