APLIKASI PEMBELAJARAN FACILITATOR AND EXPLANING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA GRAFIK FUNGSI KUADRAT KELAS X TKJ 2 SMK NEGERI 1 NGLEGOK KAB. BLITAR JAWA TIMUR

Imam Wahyudi

Abstract


Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika melalui penarapan aplikasi pembelajaran facilitator and expliaining pada materi grafik fungsi kuadrat kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Nglegok Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Nglegok Blitar dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan aplikasi pembelajaran facilitator and explaining pada materi grafik fungsi kuadrat kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Nglegok Blitar tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pembelajaran facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari hasil observasi diketahui terjadi peningkatan pada keaktivan peserta didik dalam pembelajaran, yaitu pada pertemuan pertama 60% menjadi 81% pada pertemuan kedua, dan pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 90%. Sedangkan hasil belajar peserta didik 94,5% pada tes akhir secara klasikal. Dari sejumlah peserta didik sangat menyukai pembelajaran melalui pembelajaran facilitator and explaining dan berminat untuk diterapkan pada pembelajaran berikutnya.

 

 


Keywords


Hasil belajar dan facilitator and explaining.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi) Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin & Wahyuni, Esa N. 2009. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati, Crisan Nur. 2010. Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Pada Siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bolukerto. Diakses dari http://etd.eprints.ums.ac.id/view/creators/Hidayati=3AFIRA-ANDIE=3A=3 A.html. pada 24 Maret 2016.

Jihad, Asep, & Haris, Abdul. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmadia Buana Pustaka.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats