MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED-HEAD-TOGETHER) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Suratni Suratni

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada pokok bahasan Struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem gerak dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered-Head-Together). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3  SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017, dengan jumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, tes awal, dan angket motivasi belajar siswa. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Data hasil penelitian menunjukkan:1) pada siklus I,motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 75,71% dengan kategori cukup sering dan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 79% dengan kategori tinggi; 2)pada siklus II,motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 104,32 % dengan kategori sering dan hasil belajar siswasecara klasikal mencapai 80,71% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT (Numbered-Head-Together) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 semester I SMA Negeri 4 Singaraja.

 

 


Keywords


Model pembelajaran NHT (Numbered-Head-Together), motivasi belajar, dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gedi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Singaraja.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Slavin, Robert. 1987. Cooperative Learning. Boston: Allyn & Bacon.

Sudarmanto. 2017. Model–Model Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Cet. Ke–4. Yogjakarta: Sunrise.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats