PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU DAN SUPERVISI AKADEMIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogjkarta: Gava Media
Hamzah. 2012. Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Kota Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Ilfatin, Nurul. 2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative. Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutmainah, Nur. 2011. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada SMA Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang.
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusyan, A. Tabrani., dkk. 2000. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dakam Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Dalam Rangka Pengembangan sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang–Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang–Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widodo, Trisno.2012.Memberdayakan MGMP. https://www.kompasiana.com/tri sno.com/memberdayakanmgmp_55106474a33311cd39ba8 25e
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id