UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SDN INPRES TOMPUDAU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) 2 (dua) putaran atau dua siklus dilaksanakan di SDN Inpres Tompudau Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian 6 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan kegiatan Supervisi Klinis sebagai upaya kepala sekolah dalam memperbaiki kinerja guru dalam penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Pelaksanaan supervisi klinis diterapkan dengan pendekatan kelompok dan personal sehingga memiliki dampak positif terhadap terhadap kemampuan guru dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penilaian kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I ada 6 orang dalam penilaian kriteria baik dan siklus II ada 5 orang dalam penilaian kriteria sangat baik dan 1 orang dalam kriteria baik. Kemampuan guru menerapkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I ada 4 orang dalam penilaian kriteria baik dan 2 orang dalam kategori cukup. Pada siklus II ada 5 orang dalam kriteria sangat baik dan 1 orang dalam kriteria baik.
Kata Kunci: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Supervisi Klinis
IMPROVING SDN INPRES TOMPUDAU TEACHERS’ ABILITY IN IMPLEMENTING TEACHING AND LEARNING (CTL) THROUGH CLINICAL SUPERVISION
Abstract: This School Action research was carried out in SDN Inpres Tompudau Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah the year of academic 2016/2017 in two cycles by using 6 people as subjects research. This research is to describe the implementation of clinical supervision as the principal’s effort to improve teacher’s performance in implementing contextual teaching and learning process in the classroom. The implementation of clinical supervision is applied by using an individual and a group approach so that it has a positive impact in implementing contextual teaching and learning process (CTL). In cycle 1, the result assessment to 6 teachers in designing CTL based lesson plans were in good category, then, in cycle 2, there were 5 teachers are in very good category and 1 teacher is in good category. Then, in the aspect of the teacher’s ability to implement contextual teaching and learning process; in cycle 1 there were 4 teachers in good category and 2 teachers were in fair category. Then, in cycle 2. There were 5 teachers in very good category and 1 teacher were in good category.
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Clinical Supervision
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogjakarta: Gava Media.
Hasibuan, M. Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Logaritma. Vol. II(1). Halaman: 1–12.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. (2009). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat PLP.
Prihatin, Agus dan Wijayanti, Astuti. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Sleman Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. Vol. 4(2). Halaman: 1-12.
Rifai, Mohammad. (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahertian, A Piet. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Rineka.Cipta.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id