MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKRIPSI DENGAN STRATEGI 3M PLUS 2U (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN, UNDUH DAN UNGGAH)

Fathur Rozi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis teks deskripsi dengan strategi 3M Plus 2U (Meniru, Mengolah, Mengembangkan, Unduh dan Unggah) dan peningkatan hasil belajar dalam menulis teks deskripsi dengan strategi 3M Plus 2U pada siswa kelas VIIG SMPN 5 Probolinggo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan strategi 3M Plus 2U (Meniru, Mengolah, Mengembangkan, Unduh dan Unggah) melalui siklus 1 dan 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan melibatkan 36 siswa. Penggunaan strategi 3M Plus 2U menunjukkan dapat meningkatkan aktivitas belajar menulis teks deskripsi siswa kelas VIIG SMPN 5 Probolinggo dan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIIG SMPN 5 Probolinggo. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I melalui hasil lembar pengamatan menunjukkan pengamat 1 adalah 4,9 dengan kategori cukup aktif dan pengamat II adalah 4,9 juga dengan kategori cukup aktif. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II menunjukkan pengamat 1 adalah 6 dan pengamat II adalah 6,3 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 90%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%.

 Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, Strategi 3M Plus 2U 

 

IMPROVING WRITING DESCRIPTIVE TEXT USING

3M PLUS 2U STRATEGY (IMITATING, PROCESSING, DEVELOPING,

DOWNLOADING AND UPLOADING)

 

Abstract: This study aims to describe the improvement of the learning process of writing descriptive text with the 3M Plus 2U strategy (Mimicking, Processing, Developing, Downloading and Uploading) and improving learning outcomes in writing descriptive text with the 3M Plus 2U strategy in class VIIG students of SMPN 5 Probolinggo in the school year. 2020/2021. This study uses the 3M Plus 2U strategy (Imitate, Process, Develop, Download and Upload) through cycles 1 and 2, each cycle consisting of 2 meetings involving 36 students. The use of the 3M Plus 2U strategy shows that it can improve learning activities to write descriptive text for students of class VIIG at SMPN 5 Probolinggo and the skills to write descriptive text for students in grade VIIG at SMPN 5 Probolinggo. The results of observing student activity in cycle I through the results of the observation sheet showed that observer 1 was 4.9 in the fairly active category and observer II was 4.9 also in the fairly active category. Meanwhile, student activity in cycle II shows that observer 1 is 6 and observer II is 6.3 with the active category. Based on the learning outcomes, the learning completeness in the first cycle reached 90%, while in the second cycle the students' learning completeness reached 100%.

 

Keywords: Writing Skills, Descriptive Text, 3M Plus 2U Strategy


Keywords


Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, Strategi 3M Plus 2U

Full Text:

PDF

References


Hidayat. (1990). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Tarigan, Henry G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaenurrahman. (2011). Menulis Hingga Teori Hingga Praktek (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

............. (2013). Bahasa IndonesiaWahana Pengetahuan Kelas VII Untuk Guru. Jakarta: Depdikbud.

............. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats