PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 NANGA MAHAP MELALUI METODE LATIHAN PADA MATERI MENULIS TEKS DISKUSI PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Untung Supriadi

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas selama dua siklus ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Nanga Mahap melalui penerapan metode latihan pada materi menulis teks diskusi dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah berjumlah 32 orang. Keberhasilan penelitian ditentukan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai indikator tindakan secara individual memperoleh nilai minimal 65 dan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau sebesar 40,62% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 19 orang atau sebesar 59,38%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 21 orang atau sebesar 65,62% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 orang atau sebesar 34,38%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 29 orang atau sebesar 90,62% sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang atau sebesar 9,38%.

 

Kata Kunci: Hasil belajar siswa dan metode latihan.

 

 

INCREASING STUDENTS' LEARNING OUTCOMES CLASS IXA SMPN 1 NAGA MAHAP

THROUGH TRAINING METHODS ON WRITING DISCUSSION TEXT

MATERIALS INDONESIAN LESSONS

 

Abstract: The purpose of this classroom action research for two cycles is to improve the learning outcomes of class IX A for SMP Negeri 1 Nanga Mahap students through the application training methods for writing discussion text materials in Indonesian lessons. This research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. The research subjects were 32 people. The success of the research is determined by the Minimum Completeness Criteria (KKM) as an indicator of individual actions obtaining a minimum score of 65 and classical completeness of 85%. The results showed that there was a significant increase, namely in the pre-cycle students who completed as many as 13 people or 40.62% while students who had not completed as many as 19 people or amounted to 59.38%. In the first cycle, there were 21 students who completed or 65.62%, while 11 students who had not completed or 34.38% completed. In the second cycle, the students who completed as many as 29 people or 90.62% while students who have not completed as many as 3 people or 9.38%.

 

Keyword: Student learning outcomes and practice methods.


Keywords


Hasil belajar siswa dan metode latihan

References


Arikunto, Suharsimi., dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumu Aksara.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Boliti, Sukamong. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2(2). Halaman: 12–23.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Mulyadi, Yadi. (2015). Bahasa Indonesia Untuk SMP-MTs. Bandung: Yrama Widya.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Priyatni, Endah Tri, dkk. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sera Marini. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Muara Bungo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6(2). Halaman: 46-54.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Subana. (2009). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka

Suyanto. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Wiyanto, Asul. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats