PENGGUNAAN PAPAN INTERAKTIF KLIK CURHAT PADA LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 3 PROBOLINGGO

Rifkiyati Hafifah

Abstract


PIK–C (Papan Interaktif Klik Curhat) merupakan sebuah media untuk memfasilitasi anak–anak melakukan layanan konseling individual di masa pandemi covid–19 sebagai layanan responsif guru bimbingan konseling terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan dalam melakukan layanan konsultasi dan konseling individual. PIK–C ini sebagai upaya untuk mewujudkan potensi peserta didik (konseli) dalam memandirikan seseorang menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Dampak dari pengembangan media interaktif layanan Bimbingan Konseling bagi peserta didik kelas 9 SMP Negeri 3 Probolinggo adalah: 1)Layanan bimbingan konseling lebih menarik perhatian peserta didik dalam memberikan layanan informasi dan layanan responsif khususnya konseling individual. 2)Peserta didik memiliki kesadaran diri yang baik untuk bisa mengutarakan masalahnya melalui media ini. 3)Guru Bimbingan dan Konseling memiliki wadah dan tempat untuk berkomunikasi dengan peserta didiknya.

  

Abstract: PIK-C (Papan Interaktif Klik Curhat) is a media to facilitate children in providing individual counseling services during the covid-19 pandemic as a responsive service for counseling teachers to students who have difficulty in providing individual counseling and consultation services. PIK-C is an effort to realize the potential students (counselees) in making someone a better person in accordance with the fields of personal, social, learning and career guidance. The impact of the development of interactive media for Guidance and Counseling services for ninth grade students of SMP Negeri 3 Probolinggo are: 1) Guidance and counseling services are more attractive for students in providing information services and responsive services, especially individual counseling. 2) Students have good self-awareness to be able to express their problems through this media. 3) Guidance and Counseling teachers have a place and place to communicate with their students.

Keywords: Interactive board; counseling guidance services; individual counseling service


Keywords


Papan interaktif; layanan bimbingan konseling; layanan konseling individu.

Full Text:

PDF

References


Alwisol, (2009), Psikologi Kepribadian Edisi Revisi, Malang: UMM Press.

Depdikbud, 2007, Rambu – Rambu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling pada Jalur Pendidikan Formal, Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK. Jakarta

Kemendikbud, 2016, Disain Induk Naskah Akademik Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling

Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Santrock, J W. (2002). Adolescence (Perkembangan Remaja). Alih bahasa oleh Shinto B. Adelar dan Saragih (2003). Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats