PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KETERLAKSANAAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Sudarmanto Sudarmanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mendiskripsikan sejauhmana pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap keterlaksanaan kepemimpinan sekolah pada program sekolah penggerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu riset yang memanfaatkan sumber data pada kepustakaan yang sampai pada penulis. Sumber data yang digunakan adalah data hasil penelitian terdahulu pada jurnal ilmiah serta sumber lain yang berkenaan dengan komunikasi dan kepemimpinan sekolah. Paparan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu menggunakan paparan yang bersifat naratif, banyak menggunakan uraian kata–kata untuk menggambarkan keterlaksanaan kepemimpinan sekolah pada program sekolah penggerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kepala sekolah yang efektif dapat berpengaruh dan meningkatkan kinerja guru dan tenaga administrasi sekolah dalam melaksanakan program sekolah penggerak sesuai dengan indikator keterlaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan.


THE EFFECT OF SCHOOL PRINCIPAL COMMUNICATIONS ON THE IMPLEMENTATION OF SCHOOL LEADERSHIP ON SEKOLAH PENGGERAK PROGRAM

 

Abstract: The purpose of this study is to describe the extent of the influence of principal communication on the implementation of school leadership in Sekolah Penggerak program (Sekolah Penggerak is a school with a goal to gain the vision of Indonesian education focused on developing learning outcomes holistically included literacy, numeracy and characters as well to personify the Pancasila student profile). The method used in this research is library research, which is a research that utilizes data sources in the literature that informed of the author. Sources of data used are data from previous research in scientific journals and other sources related to communication and school leadership. The presentation of the research data uses a descriptive qualitative approach, namely using a narrative explanation, using a lot of word descriptions to describe the implementation of school leadership in Sekolah Penggerak program. The results of the study indicate that effective principal communication is able to influence and improve the performance of teachers and school administration staff in implementing Sekolah Penggerak program in accordance with the indicators of implementing the activities that have been determined.

 

Keywords: Effective communication and school leadership.


Keywords


Komunikasi yang efektif dan kepemimpinan sekolah

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2014). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. (Cetakan ke–7). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fatimah, dkk. (2015). Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol. 3(4). Halaman: 149–159.

Fatmawati, Zusniya., dkk. (2018). Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Warga Sekolah Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 1(2). Halaman: 198 – 205.

Harahap, Nursapia. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’ Perpustakaan dan Informasi. Vol. 08(01). Halaman: 1979-7737.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 371/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak.

Mantja, W. (2007). Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidkan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/Gt/2020 Tentang Model Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Priansa, Doni Juni. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, M. Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ritonga, Bulgansyah. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Model. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 6(2). Halaman: 246 – 257.

Ruhiyat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik Dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional. Bandung: Refika Aditama.

Sahertian, A. Piet. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciati. (2015). Psikologi Komunikasi: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Perspektis Islam. (Cetakan Pertama). Yogjakarta: Buku Litera Yogjakarta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taufiqi. (2017). 49 hari Menjadi Guru Idola Luar Biasa dan kaya Raya. (Cetakan ke–4). Malang: Media Sutra Atiga.

Ulfatin, Nurul. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Wahjosumidjo (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yuneti, Armi., dkk. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management. Vol. 2(2). Halaman: 113 – 125.

Zed, Mestika. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats