MENINGKATKAN LAYANAN PRIBADI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MODEL BRAINSTORMING

Asih Budi Lestari

Abstract


Tujuan umum penelitian tindakan kelas ini yakni meningkatkan aktivitas dan hasil layanan pribadi melalui model Brainstorming (curah pendapat) pada peserta didik kelas 8C SMP Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, karena tindakan yang akan dilakukan diterapkan pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam kelas. Pencapaian layanan pribadi dalam bimbingan dan konseling melalui model brainstorming pada tindakan siklus I ada 15 siswa yang mampu menyampaikan ide-idenya atau gagasannya, sedangkan pada tindakan siklus II ada 29 siswa yang mampu menyampaikan pendapat, ide ataupun gagasannya. Berdasarkan peningkatan keberhasilan pada tindakan siklus I dan tindakan siklus II menunjukkan bahwa model brainstorming berpengauh sekali terhadap layanan pribadi siswa kelas 8C SMP Negeri 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2021-2022. peningkatan keterlaksanaan penelitian ini disebabkan oleh perbaikan layanan yang dilakukan oleh konselor diikuti perbaikan kegiatan belajar oleh siswa. Hal ini sejalan dengan pernyataan Arends (2008) bahwa keterlaksanaan pembelajaran meningkat karena pembenahan dan perbaikan pembelajaran yang dilakukan.

 

The general objective of this classroom action research is to increase activities and personal service outcomes through the Brainstorming model (brainstorming) for 8C grade students of SMP Negeri 2 Probolinggo for the 2021/2022 academic year. The type of research used in this research is classroom action research, because the actions to be taken are applied to the implementation of guidance and counseling services in the classroom. The achievement of personal services in guidance and counseling through the brainstorming model in the first cycle of action there were 15 students who were able to convey their ideas or ideas, while in the second cycle of action there were 29 students who were able to express their opinions, ideas or ideas. Based on the increase in success in the first cycle of action and second cycle of action, it shows that the brainstorming model has a great impact on the personal service of 8C grade students of SMP Negeri 2 Probolinggo for the 2021-2022 academic year. The increase in the implementation of this research was caused by the improvement in services carried out by counselors followed by improvements in learning activities by students. This is in line with the statement of Arends (2008) that the implementation of learning increases due to the improvement and improvement of learning carried out.


Keywords


Layanan Pribadi, Bimbingan dan Konseling, Brainstorming

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach.Edisi ke VII. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dahlan, A. (2006). Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming Terhadap. Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Skripsi. FPMIPA UPI Bandung.

Hibana S. Rahman (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press. Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Osborn., & Alex, F. (1995). Applied Imagination n Critical Thingking. New York: Charles Scribner's Sons.

Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka. Cipta

Sukardi, Dewa Ketut. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan. Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Winkel, W.S. (2014). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats