PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA (ARGUMENTASI)

Endang Ratnaningsih

Abstract


Pengaruh strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan keterampilan berbicara dengan argumentasi peserta didik serta ketanggapan peserta didik yang mampu memahami pertanyaan yang diberikan hingga peserta didik dapat menyampaikan gagasannya berdasarkan pengetahuan yang diketahui. Keterampilan berbicara dengan argumentasi akan menjadi  pengaruh yang kognitif pada penerapan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang akan menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Sumber data diperoleh yang terdiri dari perencanaan dalam pembelajaran hingga pada pelaksanaan serta aktivitas guru dan siswa menjadi perhatian. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi pedoman wawancara, aktivitas pembelajaran guru dan siswa, dan hasil keterampilan berbicara siswa dengan argumentasi. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah melakukan aktifitas dan tahap proses pembelajaran, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh keterampilan berbicara dengan strategi yang inovatif dengan argumentasi yang berpengaruh secara kognitif pada penerapan strategi kooperatif tipe STAD baik dalam pelaksanaan pembelajaran, aktifitas pembelajaran dan hasil pembelajaran.

 

The effect of cooperative strategy type Student Team Achievement Division (STAD) on speaking skills. This study aims to determine the level of ability to speak with the argments of student as well as the responsiveness of students who are able to understand the questions given to students can convey their ideas based on known knowledge. Speaking skills with argumentation will be a cognitive influence on the implementation of Students Team Achievement Division (STAD) type cooperative strategies that will determine the level of students success in learning. Data sources werw obtained which included planning, learning implementation, teacher and student activites, and learning outcomes of speaking skills. Meanwhile, data collection techniques applied included interview guidelines, teacher and student learning activites, and the rules of students’ speaking skills with argumentation. By using qualitative descriptive research methods. After carrying out the activites and stages of the learning process, the results of the study showed an increase in speaking skills with arguments that influence cognitively on the implementation of STAD type cooperative strategies both in the implementation of learning, learning activites and learning outcomes.

 

 

Keywords


Strategi Kooperatif; Student Team Achievement Division; Keterampilan Berbicara, Argumentasi.

Full Text:

PDF

References


Azhari, S. (2009) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai dengan Membuat Ringkasan Berformat Mini-Magz dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Biologi pada Materi Pelajaran Ekosistem. Tesis. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dananjaya, Utomo. (2012). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Djamarah, Bahri Syaiful. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Karim, Saeful. Dkk. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student-Team-Achievement-Division) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kerja Sama. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 17(2). Halaman: 245-250

Sardiman, A. M. (2008). Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana dan Ahmad Rival. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Zulfiani. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Ekspositori pada Konsep Ekosistem Terintegrasi Nilai: Penelitian Quasi Eksperimen di SMA At Taqwa Tangerang. Skripsi: Algensindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats