MAL UNGGAH-UNGGUH BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI UNGGAH-UNGGUH BASA (NGOKO LUGU DAN KRAMA ALUS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan unggah-ungguh basa sesuai dengan kaidah bahasa Jawa yang benar. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 7 Probolinggo. Setelah tahap uji coba dan aplikasi, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Mal Unggah-Ungguh Basa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni sebelum menggunakan Mal Unggah-Ungguh Basa didapatkan nilai rata-rata 67,93 dengan prosentase 44,82% dan setelah menggunakan Mal Unggah-Ungguh Basa, hasil belajarnya meningkat pada materi unggah-unggah basa, yaitu nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 50 dengan KKM 70, nilai rata-rata 76,55 dengan prosentase 86,20%. Nilai rata-rata Assessment Harian melalui Google Form diperoleh 78,96 dengan prosentase 90%.
This study aims to develop the application of unggah-ungguh basa in accordance with the correct rules of the Javanese language. The research subjects were students of class IX G SMP Negeri 7 Probolinggo. After the trial and application stages, it can be concluded that the application of the Mal Unggah-Ungguh Basa can improve student learning outcomes, namely before using the Mal Unggah-Ungguh Basa an average value of 67.93 with a percentage of 44.82% and after using the Mal Unggah-Ungguh Basa, the learning outcomes increase in basic uploading materials, namely the highest score is 90 and the lowest score is 50 with a KKM of 70, the average value is 76.55 with a percentage of 86.20%. The average value of the Daily Assessment through Google Form obtained 78.96 with a percentage of 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, Randra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Darmawan, Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Indarti, Titik. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah Prinsip-prinsip Dasar, Langkah-langkah dan Implementasinya. Surabaya: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya
Maya, Agustin Tika, dkk. (2011). Media Pembelajaran. Makalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Matematika.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sandiman, Arif S., dkk. (1986). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sunrise.
Sudiarta, I. G. P & Sandra I.P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 49(02). Halaman: 48-58.
Sutardjo, Imam. (2015). Kawruh Basa Saha Kasusastran Jawi. Mojosongo Solo: Bukutujju.
Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002. Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id