Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-kanak

Putu Agus Indrawan, Betrics Maria Mando, Suriata Suriata

Abstract


Abstract: The aims of this study is to determine the effect of educational game on kindergarten students’s social interaction. This quantitative research uses Quasi Experimental research design in Reversal Time Series Design. The population in this study were 56 B1 grade kindergarten students of Taman Kanak-kanak St. Francis Xaverius Tarakan, then we took 10 of them as a sample. The data collection technique used is using observation. The data were analysed using graphical analysis technique, then a decision were made based on: frequency, latency, tendency of stability, tendency of chart direction, and level change. The results show that educational games have a significant positive effect on kindergarten students’s social interaction

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode permainan edukatif terhadap interaksi sosial siswa taman kanak-kanak katolik (TKK). Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk Reversal Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 siswa kelas B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan yang kemudian diambil 10 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis grafik dengan ketentuan pengambilan keputusan analisis grafik berdasarkan: frekuensi, latensi, kecenderungan stabilitas, kecenderungan arah grafik, dan level perubahan. Hasil menunjukkan bahwa permainan edukatif memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap interaksi sosial siswa.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i42017p132


Keywords


educational games; social interaction; kindergarten student; permainan edukatif; interaksi sosial; siswa taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Adiarti, W. (2009). Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah dalam Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1). Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/499

Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Astuti, D., & Nurhayati, W. (2015). Improving Students ’ English Pronunciation Ability through Go Fish Game and Maze Game, 15(2), 215–233.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity Journal, 4(2). Diambil dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/84

Domili, S. D. (2014). Meningkatkan Perilaku Sosial Anak Melalui Teknik Bermain Kelompok di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. (Unpublished bachelor’s thesis) Universitas Negeri Gorontalo.

Hendayani, E. S. (2009). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran Paud Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal PGPAUD Tambusai, 1(1)

Hurlock, E. B. (2005). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Istiwidayanti, Trans). Jakarta: Erlangga.

Ismail, A. (2006). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Juan, Y. K., & Chao, T. W. (2015). Game-based Learning for Green Building Education. Sustainability, 7(5), 5592–5608. http://dx. doi.org/10.3390/su7055592

Khobir, A. (2013). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. Diambil dari http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/262

Leedy, P. D., & Ormrod, J. E. (2005). Practical Research. Pearson Custom.

Manita, V. (2015). The Horizon of Interculturality Education-Game Planning of Primary School Children as a Means of Intercultural Competence and European Identity. Journal of Danubian Studies and Research, 5(2), 83–88.

Nurani, S. Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Pito, A. (2012). Pengaruh Permainan Edukatif dalam Pembelajaran PAI Terhadap Kreativitas Siswa Usia Dini di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Lempongsari Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1)

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP-UNP.

Rahmawati, A. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 382–392. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2875

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1( 1), 75–81.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Satria, W. P. (2013). 99 Permainan Edukatif Untuk Melatih Kecerdasan & Kreativitas Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soekanto, S., & Soemarjan, S. (2007). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Tutik, T. (2012). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Edukatif pada Kelompok B di Kelompok Bermain Islam dan Raudhatul Athfal Taqiyya Mangkubumen, RT 02/RW 01 Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. (Unpublished bachelor’s thesis) Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Putu Agus Indrawan, Betrics Maria Mando, Suriata Suriata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats