Keefektifan Konseling Behavioral Teknik Modeling dan Konseling Analisis Transaksional Teknik Role Playing untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Atas

I Ketut Gading, Umrotun Nisa, Luh Putu Sri Lestari

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of behavioral counseling using modeling technique and counseling transactional analysis using role playing technique to minimize student’s tendency of aggressive behavior. This experimental research with pretest-posttest control group design is taking samples using purposive sampling technique. The sample were 18 tenth grade students from Senior High School Laboratorium Universitas Pendidikan Ganesha who have high aggressive behavior. 18 sample were randomly assigned to three group, that is: (1) experimental group of behavioral counseling using modeling technique; (2) counseling transactional analysis using role playing technique group; and (3) control group. Data on aggressive behavior tendency before and after treatment were collected using questionnaire of aggressive behavior, then analyzed by t test. The results show: (1) behavioral counseling using modeling technique were effective to minimize the tendency of aggressive behavior; (2) counseling transactional analysis using role playing technique were effective to minimize the aggressive behavior; and (3) counseling transactional analysis using role playing technique were more effectively minimizes the tendency of aggressive behavior rather than behavioral counseling using modeling technique.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling behavioral teknik modeling dan konseling analisis transaksional teknik role playing untuk meminimalkan kecenderungan perilaku agresif siswa. Penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design ini mengambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 18 orang siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Laboratorium Universitas Pendidikan Ganesha yang memiliki perilaku agresif tinggi. 18 sampel dibagi secara acak dan merata pada tiga kelompok, yaitu: (1) kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik modeling; (2) kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan konseling analisis transaksional teknik role playing; (3) dan kelompok kontrol. Data kecenderungan perilaku agresif sebelum dan sesudah perlakuan dikumpulkan dengan kuesioner perilaku agresif, kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil menunjukkan: (1) konseling behavioral teknik modeling efektif meminimalkan kecenderungan perilaku agresif; (2) konseling analisis transaksional teknik role playing efektif meminimalkan perilaku agresif; dan (3) konseling analisis transaksional dengan teknik role playing lebih efektif meminimalkan kecenderungan perilaku agresif dibanding konseling behavioral teknik modeling.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i42017p157


Keywords


behavioral counseling; modeling; transactional analysis counseling; role playing; aggressive; konseling behavioral; konseling analisis transaksional; agresif

Full Text:

PDF

References


Agustini, L. P. D., Suarni, N. K., & Putri, D. A. W. M. (2015). Pengaruh Konseling Analisis Transaksional dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Afiliasi Siswa Kelas X AP1 SMK Negeri 1 Seririt Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 3(1).

Anderson, C. A., & Bushman, B. J. (2001). Effects of Violent Video Games on Aggressive Behavior, Aggressive Cognition, Aggressive Affect, Physiological Arousal, and Prosocial Behavior: A Meta-Analytic Review of The Scientific Literature. Psychological Science, 12(5), 353–359.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2), 191.

Baron, R. A., & Byrne, D. E. (1984). Social Psychology: Understanding Human Interaction. Allyn & Bacon.

Bensley, L., & Van Eenwyk, J. (2001). Video Games and Real-life Aggression: Review of The Literature. Journal of Adolescent Health, 29(4), 244–257.

Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang.

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Book, Nelson Education.

Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Mengatasi Perilaku Agresif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 07 Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1–10.

Gading, I. K. (2014). Keefektifan Pelatihan Kendali Diri untuk Mencegah dan Menanggulangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Handayani, M. (2016). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Analisis Transaksional terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi tidak diterbitkan). Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Huesmann, L. R. (2007). The Impact of Electronic Media Violence: Scientific Theory and Research. Journal of Adolescent Health, 41(6), S6–S13.

Maepin, N. K., Suarni, N. K., & Mudjijono, M. (2013). Penerapan Konseling Analisis Transaksional dengan Teknik Role Playing untuk Meminimalisasi Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1).

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wiladantika, K. P., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2(1).

Winarlin, R., Lasan, B. B., & Widada, W. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 68–73. http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p068


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 I Ketut Gading, Umrotun Nisa, Luh Putu Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats