Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa
Abstract
Tulisan ini membahas mengenai penerapan teori multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah. Pembahasan diawali dengan menguraikan perkembangan konsep inteligensi dan multiple intelligences. Diikuti dengan menjelaskan dampak teori multiple intelligences dalam bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Bagian selanjutnya menguraikan tentang implementasi teori multiple intelligences dalam praktik pembelajaran di kelas yaitu bagaimana pemberian pengalaman belajar siswa yang difasilitasi guru dapat menstimulasi multiple intelligences siswa. Evaluasi hasil belajar siswa dari pandangan penerapan teori multiple intelligences seharusnya dilakukan menggunakan authentic assessment dan portofolio yang lebih memfasilitasi para siswa mengungkapkan atau mengaktualisasikan hasil belajarnya melalui berbagai cara sesuai dengan kekuatan jenis inteligensinya.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i12017p001
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armstrong, T. (1994). Multiple Intelligences in The Classroom. Alexandria, Virginia: ASCD
Armstrong, T. (2002). Setiap anak cerdas Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligencenya (Alih bahasa Rina Buntaran). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Armstrong, T. (2002). Seven Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences. (Edisi kedua). (Terjemahan oleh: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Armstrong, T. (2003). Sekolah Para Juara (2nd Ed.) (Terjemahan olehYudi Murtanto). Bandung: Penerbit Kaifa
Armstrong, T. (2004). Membangkitkan Kejeniusan di Dalam Kelas (terjemahan oleh: Margaritifere R.L. Nugroho). Batam Centre: Interaksara.
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in The Classroom (3rd Ed). Alexandria, Virginia: ASCD
Campbell, L., Campbell, B., & Dickinson, D. (1996). Through Multiple Intelligences. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.
Campbell, B. (1992). Multiple Intelligences in Action. Childhood Education, 68(4), 197-201.
Carvin, A. (2000). Intelligences Theory. (http//edweb.gsn.org/edref.mi.ed..html)
Carvin, A. (2000). MI and Education: The Connection (http//edweb.gsn.org/edref.mi.th..html)
Darling-Hammond, L. D. (1997). The Right to Learn: A Blueprint for Creating Schools That Work. San Francisco, California: Jossey-Bass Inc., Publishers.
De Fina, A. A. Tanpa Tahun. Portfolio Assessment: Getting Started. New York: Scholastic Professional Books.
Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books, A Division of Harper Collins Publisher.
Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for The 21th Century. New York: Basic Books.
Haynes, N. M. & Gebreyesus, S. (1992). Cooperative Learning: A Case for African-American Students. School Psychology review, 21(4), 577-585
Joyce, B., Well, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching Model-model Pengajaran. Edisi kedelapan. (Penerjemah: Achmad F dan Ateilla M). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lazear, D. G. (1991). Seven Ways of Knowing: Teaching for Multiple Intelligences. Palatine, Ill: Skylight Publishing, Inc.
McGrath, H. & Noble, T. (1996). Seven Ways at Once Classroom Strategies Based on The Seven Intelligences. Sydney, Brisbane: Addison Wesley Longman Australia.
McKenzie W. (2005). Multiple Intelligences An Instructional Technology (2nd ed.). Eugene Oregon-Washington DC: International Society for Technology in Education.
Rose, C. P., & Nicholl, M. J. (1998). Accelerated Learning for The 21st century: The Six-step Plan to Unlock Your Master-mind. Dell Books.
Slavin, R. E, 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi ke delapan. (Penerjemah: Marianto Samosir). Jakarta: PT Indeks.
Tsantis L. A & Keefe D. D. (1992). Pre school Children … Masters of Change. Teaching Thinking An Agenda for 21st century. Collins C. & Mangieri J.N (edt). Hillsdale. New Jersey:Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Veenema, S. & Gardner, H. (1996). Multimedia and Multiple Intelligences. American prospect, 29(7), 69-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Edy Legowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id
Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
View Visitor Stats