Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Abstract: This study aims to produce a package of guidance planning further studies with a model of creative problem solving for high school students who meet the acceptability aspects are aspects accuracy, usability, convenience and attractiveness. The guidance package consists of counselors guide book that contains the steps to the stage of providing guidance in career planning and student guide book that contains the materials and evaluation. The research method was adapted from models of Research and Development (R & D) procedural Borg & Gall (1983). Experts and field trials is limited (potential users) are analyzed using inter-rater agreement models (Gregory, 2011). Test validity index subject matter experts, media and potential users counselor showed very high criteria. These products meet very precise criteria, very useful, very easy and very attractive to mean very feasible to use. Based on the test can be concluded that the guidance package product planning further studies have met the acceptance criteria.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa paket bimbingan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving bagi siswa SMA yang memenuhi aspek keberterimaan yaitu aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan. Paket bimbingan tersebut terdiri atas buku panduan konselor yang berisi langkah-langkah pemberian bimbingan sesuai tahapan dalam perencanaan karier dan buku panduan siswa yang berisi materi serta evaluasi. Metode penelitian ini diadaptasi dari model Research and Development (R&D) prosedural Borg & Gall (1983). Uji ahli dan uji lapangan terbatas (calon pengguna) dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory, 2011). Indeks validitas uji ahli materi, media dan calon pengguna konselor menunjukkan kriteria sangat tinggi. Produk ini memenuhi kriteria sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik sehingga bermakna sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan uji tersebut dapat disimpulkan bahwa produk paket bimbingan perencanaan studi lanjut telah memenuhi kriteria keberterimaan.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v2i12017p018
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Education Research and Introduction, fourth edition. New York: Longman.
Gregory, R.J. (2011). Psychologycal Testing. History, Principles, and Aplications (6th Ed). Boston: Allyn & Bacon.
Hanggara, G. S. (2016). Keefektifan “Proses Guru” sebagai Teknik Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 148-157. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/bk/article/view/6893
Hariyanto, D. D., Dewi, E.I., & Aini S, L. (2014). Hubungan Persepsi tentang Kesesuaian Harapan Orang Tua dengan Diri dalam Pilihan Studi Lanjut dengan Tingkat Stres pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, (Online), 2 (1): 125-131, (http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60716), diakses 1 Februari 2016.
Heer, E.L., & Cramer, S.H. (1984). Career Guidance And Counseling Through The Life Span. Canada: Little, Brown & Company Limited.
Ibrahim, R. (2012). Panduan Memilih Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Data dan Analisis Tempo.
Isrok’atun. (2012). Creative Problem Solving (CPS) Matematis. “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa” Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika ,FMIPA, UNY, Yogyakarta, 10 November 2012. Dalam Eprints UNY, (Online), (http://eprints.uny.ac.id/8094/1/P%20-%2047.pdf), diakses 7 Februari 2016.
Munandir. (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Okezone. diakses 9 Mei 2016. Fakta Seputar Hasil SNMPTN 2016, (Online), (http://news.okezone.com/read/2016/05/09/65/1383473/fakta-seputar-hasil-snmptn-2016), diakses 29 Juli 2016.
Pepkin, K. L. (1999). Creative Problem Solving in Math. (Online). (http://www.cimm.ucr.ac.cr/resoluciondeproblemas/PDFs/Pepkin,Karen.2000.pdf). diakses 12 Februari 2016.
Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Karier di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, (Online), 4 (1) : 574-581, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136474&val=5666), diakses 7 Februari 2016.
Syamsiah, E. N. (2012). Profil Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas serta Implikasinya Bagi Bimbingan Karir. Skripsi. Bandung: Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI Bandung. (Online). (Http://repository.upi.edu), diakses 10 Februari 2016.
Wardani, I.G.A.K. (1981). Pengembangan Paket Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Agrery Ayu Nadiarenita, Muslihati Muslihati, Yuliati Hotifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id
Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
View Visitor Stats