Pengembangan Paket Pelatihan “Ground, Understand, Revise, Use (GURU)-Karier” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Calon Konselor

Nora Yuniar Setyaputri, Blasius Boli Lasan, Devi Permatasari

Abstract


Bimbingan dan Konseling merupakan suatu sistem, yaitu meliputi: masalah, tujuan, teknik, media dan evaluasi. Suatu teknik dalam pelaksanaan layanan BK tidak dapat berdiri sendiri oleh karena itu perlu diwadahi oleh suatu media. Fungsi dari media bimbingan dan konseling adalah untuk memperlancar proses pelaksanan layanan BK tersebut. Teknik yang dipilih adalah Proses GURU (Ground, Understand, Revise, Use) sedangkan media yang dipilih adalah paket pelatihan “GURU-Karier”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media bimbingan dan konseling berupa Paket Pelatihan “GURU-Karier” yang dapat diterima secara teoretis dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall 1983. Paket pelatihan ini terdiri dari 2 eksemplar, yaitu 1) paket pelatihan untuk pegangan konselor dan 2) paket pelatihan untuk pegangan konseli. Berdasarkan hasil uji ahli BK, uji ahli pengembangan media pendidikan, uji pengguna dan uji kelompok kecil pada 6 mahasiswa BK (calon konselor) dapat disimpulkan bahwa paket pelatihan “GURU-Karier” terbukti layak diterima sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan efikasi diri karier calon konselor. Saran yang diajukan dalam penelitian ini antara lain agar para dosen BK dan guru BK/konselor dapat menggunakan paket pelatihan “GURU-Karier” untuk meningkatkan efikasi diri karier calon konselor, dapat menggunakan paket pelatihan ini sebagai sarana pengembangan pribadi konselor, bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan subjek penelitian yang lebih luas, mengganti rancangan penelitian menjadi penelitian eksperimental dengan kelompok kontrol serta penelitian tindakan bimbingan dan konseling.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p132


Keywords


paket pelatihan “GURU-karier”; efikasi diri karier; calon konselor

Full Text:

PDF

References


Anisa, S. & Nursalim, M. 2010. Efektifitas Media “Pizza Karier” dalam Pemberian Layanan Informasi Karier. Jurnal Unesa, hlm 1—13, (Online), (http://ppb.jurnal.unesa.ac.id), diakses 28 Nopember 2012.

Bandura, A. 1993. Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Phychologist, Vol. 28 (2): 117—148.

Bandura, A. 1994. Self Efficacy. Encyclopedia of Human Behavior, Vol. 4: 71—81.

Bandura, A. 1998. Personal and Collective Efficacy in Human Adaptation and Change. Hove, UK: Psychology Press.

Bandura, A., Barbaranelli, C., Caprara, G.V., & Pastorelli, C. 2001. Self-Efficacy Beliefs as Shapers of Children’s Aspirations and Career Trajectories. Child Development, Vol. 72 (1): 187—206.

Bandura, A. 2009. Self Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

Betz, N.E. 2007. Career Self-Efficacy: Exemplary Recent Research and Emerging Directions. Journal of Career Assessment, Vol. 15 (4): 403—422.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research. An Introduction. White Plain, New York: Longman, Inc.

Bozgeyikli, H., Eroglu, S.E., & Hamurcu, H. 2009. Career Decision Making Self-Efficacy, Career Maturity And Socioeconomic Status With Turkish Youth. Georgian Electronic Scientific Journal: Education Science and Psychology, Vol. 1 (14): 15—24.

Brown, N.W. 2004. Psychoeducational Groups: Process and Practice. New York: Brunner-Routledge.

Brusokas, A. & Malinauskas, R. 2014. Career Self-Efficacy Among Lithuanian Adolescents in Sports Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, No. 116: 212—216.

Corey, M.; Corey, G; dan. Corey, C. 2014. Groups: Process and practice.9th Ed. Belmont, CA: Brooks/Cole.

DeLucia-Waack, J.L. 2006. Leading Psychoeducational Groups. California: Sage Publications, Inc.

Elfarini, R.S. & Christiana, E. 2013. Pengembangan Media Monopoli Asertif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perilaku Asertif pada Siswa Kelas VIII-A. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 1 (1): 174—185.

Feehan, P.F. & Johnston, J.A. 1999. The Self-Directed Search and Career Self-Efficacy. Journal of Career Assessment, Vol. 7 (2): 145—159.

Gibson, R.L. & Mitchell, M.H. 2008. Bimbingan dan Konseling. Terjemahan Yudi Santoso. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gushu, G.V., Scanlan, K.R.L., Pantzer, K.M., & Clarke, C.P. 2006. The Relationship of Career Decision-Making Self-Efficacy, Vocational Identity, and Career Exploration Behavior in African American High School Students. Journal of Career Development, Vol. 33 (1): 19—28.

Hanggara, G.S. 2016. Keefektifan “Proses Guru” sebagai Teknik Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Tesis. Malang: Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling.

Leksana, D.M., Wibowo, M.E., & Tadjri, I. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 2 (1): 1—9.

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Prayitno & Amti, E. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Remer, B. 2007. Reflective Practice: Learning from Real-World Experience. Dalam Silberman, M, (ed). The Handbook of Experiential Learning. San Fransisco: John Wiley & Sons. Inc.

Santoso, D.B. 2011. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Schunk, D.H. 1991. Self Efficacy and Academic Motivation. Educational Psychologist, Vol. 26 (3 & 4): 207—231.

Setyaputri, N.Y., Ramli, M., & Mappiare-AT, A. 2015. Pengembangan Media Permainan “Roda Pelangi” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian. Bimbingan dan Konseling, Vol. 28 (1): 38—46.

Silberman, M. 2007. The Handbook of Experiential Learning. San Fransisco: John Wiley & Sons. Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 nora yuniar setyaputri, Blasius Boli Lasan, Devi Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats