Model Cognitive Stage Experiential (CSE) dan Kesadaran Dini Kebhinekatunggalikaan Siswa SD Kelas Rendah

IM Hambali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat rendah; (2) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori rendah; (3) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sedang; (4) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori tinggi; (5) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat rendah adalah 42.5%, 43% dan 41%; (2) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori rendah adalah 20%, 20%, 22%; (3) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sedang adalah 27%, 25%, dan 26%; (4) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori tinggi adalah 5%, 9%, 7%; (5) proporsi tingkat kesadaran bhineka tunggal ika yang masuk kategori sangat tinggi adalah 6%, 3%, 4%.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p179


Keywords


kesadaran bhineka tunggal ika; cognitive stage experiential

Full Text:

PDF

References


Archer, S. L. 1994. Intervention for Adolescent Development, Newbury Park: Sage Publication.

Carkhuff, R. R. & Anthony,W. A. 1984. The Skills of Helping. Amhetst, Massachusetts: Human Resources Development Press. Inc.

Cook, L. S. & Olson, J. R. 2006. The Sky’s The Limit: An Activity for Teaching Project Management: Journal og Management Education, 30(3),404—420).

Cox, T. & Ruby, L. B. 1997. Developing Competency to Manage Diversity: Reading, Cases, and Activities. San Fransisco: Berret-Koehlier Publisher.

Dick, W. & Carey, L. 1987. The Systematic Design of Instruction. Dalam Munandir (penerj.) Rancangan Sistem Pengajaran. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Ditjen Dikti. (tidak diterbitkan).

Gambino,T. W. & Super, D. E. 1982.Career and Vocational Education: Integrating The Concepts. Dalam C.R Doty Ed). Career Education and The Affective Domain:Choice, Succes,Concepts,Survival Skills,Testing. (pp.56—82).Trenton,New Jersey:New Jersey State Department of Education.

Gustafson, K.L. 1981. Survey of Instructional Development Model. Athens, Georgia: Clearinghouse on Information Resource.

Joni, T. R. 1993. Penilaian Hasil Belajar Melalui Pengalaman dalam Program S1 Kedua Pendidikan Bidang Studi SD. Jakarta: Konsorsium Ilmu Pendidikan,Ditjen Dikti.

Joyce, B. R. & Weil, M. 1978. Information Processing Models of Teaching. Englewood Clifts,N.J: Prentice Hall,Inc.

Kolb, D. 1984. Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Englewood Clifts,N.J: Prentice Hall,Inc.

Locke, D.1992. Increasing Multiculral Understading: a Comprehensive Model. Newbury Park California: Sage Publication.

Perry, W. G. 1999. Forms of Ethical and Intellectual Development in The College Years: A Scheme. San Fransisco:Jossey-Bass Publisher.

Sue, D. W. & Su, D. 2003. Counseling Culturally Diverse: Theory and Practice.Fouth Edition. USA:John Wiley & Sons.Inc

Sue, D. W. 2001. Multidimentional Facets of Cultural Competence.The Counseling Psychologist. (29),6, 790-821.

Sue, M. G. 2005. Strategies for Building Multicultural Competence in Mental Health and Educational Setting. New Jersey: John Wiley & Son.

Turesky, E. F. & Mundenk, L. G. 2008. Going Beyond Traditional Career Development Theories: Individualizing Counseling Using Cognitive Stage and Experiential Learing Theories. Canadian Journal Of Career Development/Revue Canadienne de developpement de Carrier.7,(2) 3—7.

Waak, J. L. D & Donogian, J. 2004. The Practice of Multicultural Group Work: Vision and Perspectives from the field. Canada:Thomson. Books/Cole.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 IM Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats