MODEL DIALOG “4D” UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MULTI KULTURAL SISWA SMA DI KOTA MALANG

IM Hambali

Abstract


Seorang konselor akan dikatakan profesional apabila mampu menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah siswa, menguasai kerangka teoretik dan praksis Bimbingan dan Konseling (BK), merancang program BK, mengimplementasikan program BK yang komprehensif, menilai proses dan hasil kegiatan BK, memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional serta menguasai konsep dan praksis penelitian dalam BK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahap analisis kebutuhan dilakukan dengan metode survey. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan konselor yang belum menguasai keseluruhan kompetensi diatas. Hal ini juga disebabkan karena banyaknya tugas dan tanggung jawab konselor sekolah dalam menangani permasalahan siswa dibandingkan jumlah konselor di sekolah. Secara ideal satu konselor memegang 150 siswa di Sekolah (Permendiknas No 27 tahun 2008). namun pada kenyataaaa dilapangan berdasarkan hasil observasi pada beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Malang,  konselor memegang lebih dari 150 siswa bahkan ada yang memegang sampai lebih dari 500 siswa. Dari uraian data sebagai dipaparkan, dapatlah disimpulkan sebagi berikut. (1) Banyak konselor mengeluh terhadap suasana sekolah yang kurang memungkinkan konselor melaksanakan konseling dengan baik, (2) Konselor membutuhkan alternative strategi layanan individual akibat mereka kesulitan menerapkan pendekatan konseling dalam semua situasi, (3) Konselor harus kreatif dalam menerapkan layanan dan setrategi konseling untuk memberi layanan kepada siswa dengan baik.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p095

Keywords


dialog “Four D”; kesadaran multikultural; sekolah menengah atas

Full Text:

PDF

References


Afif, Afthonul. 2015. multikultural, Rekonsiliasi & Restorative Justice. Jogyakarta: Pustaka Pelajar

Baumeister, R.F., Exline, J.J. & Sommer, K.L. (1998). The Victim Grudge Theory, And Two Dimensions Of Forgiveness. In E.L. Worthington Jr. (Ed.) Dimensions Of Forgiveness: Psychological Research And Theological Speculations.Philadelphia: The Templeton Foundation Press. . Philadelphia: The Templeton Foundation Press

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak (Jilid 1 Edisi Keenam). Jakarta : Erlangga.

Andina, Elga. 2014. Budaya Kekerasan Antar Anak Di Sekolah Dasar (Online) Http://Berkas.Dpr.Go.Id/Pengkajian/Files/Info_Singkat/Info%20singkat-Vi-9-I-P3di-Mei-2014-63.Pdf Diakses Tanggal 8 April 2015

Rye, M. S., Loiacono, D. M., Folck, C. D., Olszewski, B. T., Heim, T. A., & Madia, B.P (ed). (2001). Evaluation of the psychometric properties of two forgiveness scales. Current Psychology, vol. 20, 260-277

Setyawan, Imam. 2006. Membangun multikultural Pada Anak Korban Perceraian. Semarang: Http://Eprints.Undip.Ac.Id/19069/1/Imam_S-_Membangun_ multikultural_Pada...Pdf. Diakses Tanggal 5 Maret 2015

Thompson. L.Y., Snyder. C. R., Hoffman. L., Michael. S. T., Rasmussen. H.N., Billings. L.S., Heinze. L., Neufeld J.E., Shorey. H.S., Roberts. J.C., Roberts. D.E., . 2005. Dispositional Fogiveness Of Self, Other, And Situation. Journal Of Social And Personality Psychology. Vol.73 No.2, 313-359

Martin, Anthony Dio. 2003. Emotional Quality Management: Refleksi, Revisi Dan Revitalisasi Hidup Melalui Kekuatan Emosi. Jakarta: Arga

Mccullough, M.E., Rachal, K.C., Worthington Jr., E.L., Brown, S.W. & Hight, T.L. 1998. Interpersonal Forgiving In Close Relationships : Ii. Theoritical 11 Elaboration And Measurement (75). Journal Of Personality And Social Psychology, Vol.6, No.1586-1603.

Mccullough, Michael E. Pargament, Kenneth I. Thoresen, Carl E (Ed). 1999. Forgiveness: Theory, Research, And Practice . London : The Guildford Press

Mccullough, M. E., Root, L. M., & Cohen, A. D.(Ed). 2006. Writing About The Benefits Of An Interpersonal Transgression Facilitates Forgiveness. Journal Of Consulting And Clinical Psychology, 74, 887-897

Walton, E. 2005. Therapeutic Forgiveness: Developing A Model For Empowering Victims Of Sexual Abuse. Clinical Social Work Journal, Vol.33 No.2, 193-207

Mahasiswa Stip Tewas Dianiaya

Http://Lipsus.Kompas.Com/Topikpilihanlist/3062/1/Mahasiswa.Stip.Tewas.Dianiaya Diakses Tanggal 8 April 2015

Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008.

Http://Abkin.Org/Images/Download/Permendiknas-No.-27-Tahun-2008.Pdf Diakses Tanggal 8 April 2015

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Save Our Children From School Bullyin. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Worthington, E.L & Scherer, M. 2004. Forgiveness Is An Emotion-Focused Coping Strategy That Can Reduce Health Risks And Promote Health Resilience: Theory, Review, And Hypotheses. Journal Psychology And Health, Vol.19 No.3, 385–405

Worthington, E. L. 2005. Forgiveness In Health Research And Medical Practice. Jurnal Explore, Vol.1, No.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 IM Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats