KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP

Kasa Fiorentika, Djoko Budi Santoso, Irene Maya Simon

Abstract


Abstract : The aim of this study was to determine the effectiveness of self -instruction techniques to increase the confidence of the students of SMPN 20 Malang . Data were collected using the inventory of confidence and analyzed with the Wilcoxon test through SPSS to students who have low self-esteem category . Results from the study are students who have a low level of confidence there are five people , students were given counseling group with the techniques of self -instruction , students are given a pretest - posttest to measure the effectiveness of a given technique , students increase confidence after attending group counseling techniques self- instruction.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMPN 20 Malang. Data dikumpulkan menggunakan inventori kepercayaan diri dan dianalisis  dengan uji wilcoxon melalui SPSS  kepada siswa yang mempunyai kategori kepercayaan diri rendah. Hasil dari penelitian adalah siswa yang mempunyai tingkat kepercayaan diri rendah ada lima orang, siswa diberikan konseling kelompok dengan teknik self-instruction, siswa diberikan pretest-posttest untuk mengukur keefektifan teknik yang diberikan, siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik self-instruction.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p104


Keywords


self-confidence; self -instruction; junior high school students; kepercayaan diri; self-instruction; siswa SMP;

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. 2005. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lauster,P. 2008. Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lindenfield, G. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

Papalia, Diane E, dkk. 2008. Human Development. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prasetyo, D.B. 2013. Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Malang: Tidak diterbitkan.

Rahmawati, H. 2009. Modifikasi Perilaku. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiarto, Eko. 2009. How Confident Are You?. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiyanti, Ayu. 2013. Kefeektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-efficacy dalam Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Skripsi. Malang: Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Kasa Fiorentika, Djoko Budi Santoso, Irene Maya Simon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats