STUDI KASUS KONSEP DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

Anita Putri Budiarsih, Ella Faridati Zen

Abstract


Abstract: This study aims to determine students' self concept elementary school level are often absent from school for more happy participated send goods by driving a truck, factors that affect the self-concept of students as well as learned behavior arising from the self-concept. This research is a qualitative case study type that includes the steps of: 1) Define the research questions, 2) Select the case and determine data gathering and analysis techniques, 3) Prepare to collect the data, 4) Collect data in the field, 5) Evaluate and analyze the data, and 6) Prepare the report. Data is collected using interview and observation techniques. Data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation and conclusion. The results of this research are three self-concept of students that consist of: (a) I can drive and will be a driver, (b) I was the mainstay of the family that should help make a living, and (c) I'm not good at math. In addition, other results of this study are the factors that affect self-concept of students consists of factors originating from within the students, which is realized by comparing themselves with others, and the factors that come from outside in the form of the process of identifying the behavior of his grandfather by him , Also well-known as well as learned behavior that arise from student self-concept that includes ditching and passive when in class.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa tingkat sekolah dasar yang sering tidak masuk sekolah karena lebih senang ikut mengirim barang dengan mengendarai truk, faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa serta perilaku belajar yang muncul akibat konsep diri tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang meliputi tahap:1)Penetapan pertanyaan riset, 2)Penentuan kasus dan teknik pengumpulan data dan teknik analisis, 3)Persiapan untuk mengumpulkan data, 4)Pengumpulan data dalam kancah, 5)Evaluasi dan analisis data, serta 6)Penyiapan laporan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu tiga konsep diri siswa yang terdiri dari:(a)Aku bisa nyopir dan akan jadi sopir, (b)Aku adalah anak andalan keluarga yang harus membantu mencari nafkah, dan (c)Aku tidak pintar matematika. Selain itu, hasil lain dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa terdiri dari faktor yang berasal dari dalam diri siswa, yang diwujudkan melalui pembandingan dirinya dengan  orang lain, dan faktor yang berasal dari luar diri yang berupa proses identifikasi perilaku sang kakek oleh siswa. Serta diketahui pula perilaku belajar yang muncul akibat konsep diri siswa yang meliputi membolos dan pasif ketika di kelas.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i32016p112


Keywords


academic self-concept; elementary school students; case study, konsep diri akademik; siswa sekolah dasar; studi kasus

Full Text:

PDF

References


Astuti, Ratna Dwi. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta, online: (http://eprints.uny.ac.id/14425/1/Skripsi.pdf), diakses pada 17 Maret 2016.

Atkinson, Rita L., Atkinson, R.C., Smith, Edward E., Bem, D.J. 2004. Pengantar Psikologi edisi kesebelas jilid dua. Alih bahasa Dr.Wijaya Kusuma. Batam: Interaksara.

Calhoun J.F dan Acocella, J.R. 1990. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Penerj. Satmiko S.R Semarang: IKIP Press.

Hardy. M. & Heyes, S. 1988. Pengantar Psikologi edisi kedua Alih bahasa Dr. Soenardji. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. 1973. Adolescent Development. Tokyo : McGraw-Hill Kogakusha.

LN, Syamsu Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mappiare-AT, A. 2013. Tipe-Tipe Metode Riset Kualitatif untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. Malang: Elang Mas bersama Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Rahmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 anita putri budiarsih, ella faridati zen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats