PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN SOFT-SKILLS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KOTA MATARAM

Anik Darmiany

Abstract


Abstrak : Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pelatihan soft-skill khususnya keterampilan komunikasi dan kendali emosi siswa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di kota Mataram. Metode penelitian dan pengembangan dilakukan melalui tiga tahap dari sepuluh langkah Borg & Gall yaitu, (1) penelitian awal (analisis kebutuhan), (2) pengembangan model pelatihan, (3) uji coba dan evaluasi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pelatihan soft-skill menghasilkan pedoman pelatihan untuk konselor dan siswa, serta materi pelatihan soft-skill yang memenuhi kriteria akseptabel dari kegunaan, kemanfaatan, dan kelayakan. Disamping itu hasil penelitian menunjukkan pula bahwa terdapat perbedaan skor antara pre-test dan post-test keterampilan mengelola emosi dari tidak terampil menjadi sangat trampil, dan keterampilan komunikasi dari tidak terampil menjadi cukup terampil.

Abstract: Research and development is aimed to produce soft-skills training models especially in communication skills and emotional control student junior high school (SMP) in Mataram city. Research and development method is carried out through three stages from the ten steps of Borg & Gall, they are; (1) the preliminary research (needs analysis), (2) the development of training model, (3) Model evaluation and try out. The results show that the development of soft-skills training model develop training manual for counselors and students, as well as soft-skills training materials that meet acceptable criteria of usability, usefulness and feasibility. Besides, the results showed also that there is a difference in scores between pre-test and post-test in skills at managing emotions from unskilled to be very skilled, and communication skills from unskilled become quite skilled.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p047


Keywords


pengembangan model; soft-skills; siswa SMP; Development model; soft-skills; Junior High School students

Full Text:

PDF

References


Agustian, H. 2006. Psikologi Perkembangan: pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: Rafika

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Frijda, N. H. (2005). Emotion experience. Cognition and Emotion, 19, 473–497

Goleman, D. 2002. Keserdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia.

Dany M. Handarini, 2000. Pengembangan Model Pelatihan Keterampilan Soaial Bagi SMU Terpadu.,Disertasi, tidak diterbitkan. Malang : Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Djarwanto, 2008. Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE-Yogtakarta.

Elfindri, dkk, 2011. Soft-skills untuk Pendidik. Praninta Offset

Gardner, H. 1993 . Multiple Intelligence. New York : Basic Book .

Goleman, D. 1999. Emosional Intelligence. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. B. 1995. Psikologi Perkembangan. Alih Bahasa: Sijabat. M. R. Erlangga: Jakarta.

Johnson, D.W. dan Frank, P.J. 1991. Joining Together Group Theory and Group Skill. 4 th.ed. Prentice Hall inc. New Jersey.

Kaipa P & Milus T. 2005. Soft-skills are Smart Skills. Diunduh dari http://www. kaipagroup.com.

Kaufman, M.J. , Gottlieb, J. ,Agard, J.A. < & Kukic, M.A. 1975. Mainstreaming: Toward an explication of the construct. Focus on Exceptional Children, 1-15.

Kendal P.C; Mychailyzyn, M.P; Mendez J.L. (2010). School Functioning in Youth With And Without Anxiety Disorders: Comparison by Diagnosis and Comorbidity. School Psychology review Vol 39, No 1, PP 106-121

Mappiare-At,A. 2010. Kontrak Belajar Bernilai Sosial Budaya dalam PA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol 17, no 1 April

Santrock W. 2014. Psikologi Pendidikan Educational Pendidikan. Jakarta, Salemba Hunika

Syahniar, 2006. Pengelolaan Program Pembelajaran Ditinjau dari Peningkatan Interpersonal Siswa. Disertasi, tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Anik Darmiany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats