EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA SMP

Retno Winarlin, Blasius Boli Lasan, Widada Widada

Abstract


Abstract: This research aims to discover the effectiveness of group-counseling sociodramas to reduce verbal aggressive acts of junior High School students. The research design used is quasi-experiment, which is one Group Pre-test Post-test Design. The treatment given to experimental group is sosiodramas. Researcher  does a measurement before and after the treatment given to see whether there is a change shown by research subjects. the subjects are 16 eight-graders of SMP Negeri 15 Malang with high verbal aggressiveness scores. The pre-test and the post-test is in the form of verbal aggressive acts inventory which are done once each. Treatment giving is done in five meetengs. The analysis result using SPSS 16 for windows, Wilcoxon Signed Ranked Test score shows different value (Z= -3.517a) with 0.000 (P= 0.000 < 0,05), which proves group-counseling sociodramas are effective to reduce verbal aggressive acts of Junior High School students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yaitu one Group Pretest Postest Design. Treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah teknik sosiodrama. Peneliti melakukan pengukuran sebelum dan setelah perlakuan untuk melihat perubahan subyek penelitian. Subyek penelitian sebanyak 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang yang memiliki skor agresivitas verbal tinggi. Pretest dan postest berupa inventory perilaku garesif verbal yang masing-masing dilaksanakan sekali. Pemberian treatment dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Dari hasil analisis SPSS 16 for windows, nilai uji Wilcoxon Signed Rank Test dapat diketahu nilai beda  (Z= -3.517a) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (P= 0.000 < 0,05) menunjukkan bahwa teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p068


Keywords


sosiodrama;perilaku agresif;agresif verbal;sosiodramas;aggressive acts;verbal aggressiv

Full Text:

PDF

References


Breakwell, G. M. 2002. Coping With Aggressive Behavior. Yogyakarta: Kanisius

Djannah, Wardatul & Ayom Yulita W.A.N. 2012. Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/4834/1/F100040265.PDF), diakses 20 Maret 2015

Djannah, Wardatul & Ayom Yulita W.A.N. 2012. Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/1333/1/F100020084.pdf), diakses 20 Maret 2015

Myers, David G. 2010. Social Psychology. Singapore: Mc Graw Hill

Romlah, Tatiek. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Setiyawati, Viky. 2013. Efketivias Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) . Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Retno Winarlin, Blasius Boli Lasan, Widada Widada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats