PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI KETERBUKAAN DIRI UNTUK SISWA SMP
Roichatul Jannah, Ella Faridati Zen, Muslihati Muslihati
Abstract
Abstrak: Studi pengembangan ini menghasilkan panduan untuk konselor dan media permainan simulasi keterbukaan diri yang digunakan untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall (1983): melakukan analisis kebutuhan, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji ahli (ahli materi BK & ahli media), hasil uji ahli dan uji calon pengguna produk (konselor), revisi produk, uji lapangan awal dan revisi produk akhir panduan permainan simulasi dan media permainan simulasi, berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna, dapat disimpulkan bahwa panduan permainan simulasi untuk konselor dan media permainan simulasi ini sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Karena itu permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP sangat layak digunakan sebagai layanan bimbingan oleh konselor kepada siswa.
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research Third Edition. New York: Longman Inc.
Budyatna, M, dkk. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Harapan, Edi, dkk. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayati, Nurul Lia. 2011. Keefektifan Teknik Homeroom untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangrejo. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Kusuma, Lutfi Randi. 2012. Efektifitas Teknik Permainan Simulasi dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas X E SMK PGRI Salatiga Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Romlah, Tatiek. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Tim UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi kelima. 2010. Malang: Universitas Negeri Malang.
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Roichatul Jannah, Ella Faridati Zen, Muslihati Muslihati