PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN EFIKASI DIRI DALAM HUBUNGAN PERTEMANAN MELALUI STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING BAGI SISWA SMP
Abstract
Abstract: The research aims to develop self-efficacy training guides in friendship through experiential learning strategies for junior high school students, so that the counselor can use it as a media of social guidance services for the student especially to improve his confidence in the friendship. This training guide is printed teaching materials containing substance, operational measures, and the evaluation. The procedur of this developmental research is adapted from Borg and Galls (1983) which did in 3 step; 1) plannin;(2) developmental product; and (3) try out of the product. Based on the results of data analysis from expert assessment and potential users as well as revisions that are made in accordance with the advice and input to the product, it can be concluded that this training guide meets the good acceptance criteria and effectively proven in improving students self-efficacy in peer friendships.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP, sehingga konselor dapat menggunakannya sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial kepada siswa khususnya dalam meningkatkan keyakinan diri di dalam hubungan pertemanan. Panduan pelatihan ini adalah bahan ajar berbasis buku cetakan yang berisi materi, langkah kegiatan, serta evaluasi.Prosedur penelitian dan pengembanganpanduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan ini mengadaptasi pengembangan Borg and Gall (1983) yang dilakukan dalam 3 tahapan yaitu, (1) perencanaan pengembangan produk, (2) pengembangan produk, dan (3)Uji Coba Produk. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna serta revisi-revisi yang dilakukan sesuai dengan saran dan masukan terhadap produk ini, dapat disimpulkan bahwa panduan pelatihan ini memenuhi kriteria keberterimaan yang baik dan terbukti efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa didalam hubungan pertemanan sebaya.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p079
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, Khilman Rofi. 2014. Pengembangan Panduan Pelatihan Mind Skills Dalam Konseling Dengan Model Experiential Learning Untuk Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy, the exercise of control. New York:Freeman and Company.
Borg, W. R. & D. Gall. 1983. Educational Research. New York: Longman Inc.
Kolb, D. 1984. Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. New Jersey : Prentince Hall, Inc.
Purwaningrum, Ribut. Internalisasi Mindskiils Mahasiswa BK Melalui Experiential Learning.Thesis . Tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana UM.
Romlah, T. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santoso, Djoko Budi. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling: Malang. Tanpa penerbit.
Satici,S.A., Kayis,A.R & Akin, A (2013). Investigating the Predictive Role of Social Self-Efficacy on Authenticity in Turkish University Students. Europe's Journal of Psychology, 2013, Vol. 9(3), 572–580, doi:10.5964/ejop.v9i3.579.
Sayekti, Ria Wahyu. 2012. Pengembangan Paket Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Utami, Hesti Budi. 2015. Pengembangan Panduan Pelatihan Coping Self Talk Dengan Model Experiential Learning bagi Siswa SMK Jurusan Keperawatan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Layli Novita, Nur Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id
Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
View Visitor Stats