PERSPEKTIF “FAMILY SYSTEM INTERVENCY” UNTUK PROTEKSI KARAKTER KEBAJIKAN SISWA SMA

IM Hambali

Abstract


Abstrak: Pelajar SMA dewasa ini mendapat sorotan yang tajam dari masyarakat. Hal itu terjadi oleh karena banyak kejadian yang kurang baik melibatkan pelajar SMA diantaranya tawuran antar pelajar SMA. Kajian perspektif system keluarga merupakan argumentasi yang memberikan wawasan bagaimana pelibatan keluarga dalam pendidikan formal dapat dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian pustaka (library research). Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana perspektif intervensi keluarga dapat memberi kontribusi dalam implementasi pendidikan karakter yang memandirikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun ide intervensi keluarga berkembang dalam keluarga Amerika Utara, namun untuk kultur Indonesia belum berkembang dengan baik. Sementara perspektif intervensi keluarga ini dapat dipertimbangkan sebagai cara pandang para konselor sekolah yang komprehensif dan dapat menjadi jembatan bagi pemecahan masalah siswa. Sesuai dengan ide dasarnya, yang menjelaskan bahwa individu hidup, berkembang dan berubah tidak lepas dari struktur dan pengaruh keluarga, maka siswa sebagai bagian penting dalam kehidupan keluarga merupakan subyek yang ikut dalam membentuk sebuah struktur keluarga secara keseluruhan. Dalam tulisan ini terdapat deskripsi tentang perspektif intervensi dan kemungkinan penerapannya dalam konteks pendidikan karakter yang komprehensif.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i12016p012


Keywords


intervensi keluarga; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Bowen, M. Haley, J. (Ed.) (1971). The Use of Family Theory in Clinical Practice. Changing Families. New York: Grune & Startton.

Minuchin, S. (1974). Family & Family Therapy. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Minuchin, S. (1981). Family Therapy:Consepts and Methods. Boston: Allyn & Bacon.

Satir, V., G. D. Erickson, & T. P. Hogan. (Eds.). (1972). Family System and Approaches. Family Therapy: an Introduction to Theory and Techniques. Pasivic Grove, C.A.: Brooks/Cole.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 IM Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

indexing_footer.pnggoogle.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.pngbase.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 
View Visitor Stats