EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII SMP

Alan Auliyah, Elia Flurentin

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the use of film to improving emphaty sevents grade students junior high school. The study design used a quasi-experimental design using the design of one group pretest-posttest design. Subjects in this study were six students who have the lowest levels of emphaty in the classroom. The research instrument used is the scale of emphaty and guidance experiment. The hypothesis testing is using the Wilcoxon test. Wilcoxon test results showed that the difference value (z) is-2.201 with a significance value of 0.028. Significance value less than 0.05, which means that Ho is rejected, so it can be concluded that the use of film is effective to improving emphaty among sevents grade student of junior high school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media film untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP. Desain penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang mempunyai tingkat empati terendah dalam satu kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala empati dan pedoman eksperimen.Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai beda (z) adalah -2,201 dengan nilai signifikansi 0,028. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film efektif untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i12016p019


Keywords


movies; empathy; sevents grade junior high school; media film; empati; siswa kelas VII SMP

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Byrne, Donn & Baron, Robert A. 2003. Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 1. Sidoarjo: PT Erlangga

Kartono, K. 2003. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Nursalim, M., & Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press

Pearce, S. S., Jencius & Studervant. 2011. What Experts Say about Cinema Therapy, (online), (http://www.cinematherapy.com), diakses25 Maret 2015.

Prayitno & Amti, E. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwono, S.W. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya.

Ilmiah.-Skripsi,Tesis, Desertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian (edisi kelima). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Alan Auliyah, Elia Flurentin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats