PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SIMULASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP

Sekar Ariyanti Putri, M Ramli

Abstract


Abstract: The purpose of this research development is to generating snakes and ladders simulation game media for increasing academic responsibility of junior high school students that meet eligibility criteria. The step development is (1) initial data collection, (2) planning, (3) developing product, (4) validity product, (5) test run product, (6) revision final product. Research result showed that snakes and ladders simulation game for increasing academic responsibility of junior high school students are qualified and worthy of display media used to provide guidance about academic responsibility.

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP yang memenuhi kriteria kelayakan. Langkah pengembangannya adalah (1)  pengumpulan data awal, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, (6) revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa SMP telah memenuhi syarat tampilan media dan layak digunakan untuk layanan bimbingan tanggung jawab belajar.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i12016p040


Keywords


information services; simulation game; academic responsibility; layanan Informasi; permainan simulasi; tanggung jawab belajar

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 1988. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman Inc.

BSNP. 2006. Standar isi: Standar Kompetensi dan Komponen Dasar SMP/MTs. Jakarta: BNSP.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Fitriyah, A.D. 2012. Keefektifan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan: Malang: FIP UM.

Mahbubi, M. 2012. Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Realis, V.A. 2013. Penerapan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Kelas X-C di SMA Negeri 1 Ngunut. Skripsi tidak diterbitkan: Malang: FIP UM.

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Diskrptif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Sekar Ariyanti Putri, M Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is indexed by:

google.pnggoogle.pngipiii.pngone.pngpkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats