PELATIHAN METODE PENELITIAN UNTUK MENINGKATAN KINERJA GURU-GURU SMKN 1 KOTA BATU

Farida Rahmawati, Sri Handayani, Hari Wahyono, Imam Mukhlis, Hadi Sumarsono

Abstract


Salah satu upaya meningkatkan profesionalisme guru adalah dengan meningkatkan intensitas guru dalam melalukan penelitian. Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru ekonomi dalam bidang penelitian yang berkaitan dengan proses pembelajaran di SMKN 1 Kota Batu. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan melalui dua tahapan kegiatan, yakni tahap penyampaian materi prinsip riset dan tahapanya termasuk aplikasi SPSS, Stata, dan Eviews dan tahap pendampingan penyusunan proposal. Kegiatan pengabdian ini diikuti 25 orang guru. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, penugasan, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan adalah terdapat peningkatan wawasan dan semangat guru dalam melakukan penelitian bagi kepentingan pembelajaran, keterampilan guru dalam penggunaan aplikasi pengolahan data serta terdapat proposal yang telah layak untuk ditindaklanjuti dalam bentuk penelitian.

Kata kunciProfesionalisme Guru, Pendampingan Pelatihan Metode Penelitian, SMKN 1 Kota Batu


Abstract

One effort to improve teacher professionalism is to increase the intensity of teachers in conducting research. The purpose of this community service activity is to improve the ability of economic teachers in the field of research related to the learning process at SMK 1 Batu. The implementation of community service activities is carried out through two stages of activities, namely the stage of delivering the material of research principles and the stages including the application of SPSS, Stata, and Eviews and the assistance stage of preparing the proposal. This community service activity was attended by 25 teachers. The methods used are lectures, discussions, assignments, assistance and evaluation. The result of the activity is that there is an increase in teachers' insights and enthusiasm in conducting research for the sake of learning, teacher skills in using data processing applications and there are proposals that have been feasible to be followed up in the form of research.

Keywords—Teacher Professionalism, Research Method Training Assistance, SMK 1 Batu


Full Text:

PDF

References


Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

Hammersley, M. (1993).On the teacher as researcher. Educational Action Research, 1(3), 425-445.

Ishariwi. (2008). Identifikasi dan Formulasi masalah Dalam Penelitian Tindakan.Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008

Leonard. (2015). Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif, 5(3).

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p157-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.