KAMPUNG ENTREPRENEUR BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM

Andika Agung Sutrisno, Joko Samodra, Andreas Syah Pahlevi

Abstract


Tujuan program ini untuk mengembangkan dan memberikan pelatihan tentang bagaimana menggunakan media promosi yang efektif diwujudkan dalam bentuk sebuah platform pasar digital berbasis web. Sebagai tambahan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan citra Bumi Tunggul Wulung (BTWI) sebagai kampung entrepreneur, serta market place berbasis koperasi yang akan mewadahi setiap warga yang belum memiliki pasar produk dengan harapan dapat mingkatakan profit usaha serta terjadi kolaborasi antar warga. Kegiatan pengabdian masyrakat ini dilakukan melalui pelatihan branding, photo produk, pengolahan data pada website serta pelatihan e-commerce. Hasil dari kegiatan menjunjukkan bahwa dengan adanya Graphic Standard Manual (GSM) untuk Logo, maka identitas untuk mencapai brand awarness dapat diterapkan dalam berbagai atibut desain yang dialokasikan kedalam media promosi baik cetak maupun digital seperti website yang sudah dikembangkan. Dengan adanya website sebagai platform digital diharapkan dapat menjadi wadah bagi warga BTWI yang ingin meningkatkan profit usahanya dengan nafas kampung etrepreneur sebabagai citra warga.

Kata kuncientrepreneur, branding, marketplace, website, UMKM

 

Abstract

The purpose of this program is to develop and provide training on how to use effective promotion media in the form of a web-based digital market platform. In addition, this activity is carried out to improve the image of Bumi Tunggul Wulung (BTWI) as an entrepreneur village, as well as a cooperative-based market place that will accommodate every citizen who does not yet have a product market in the hope of increasing business profits and collaboration between citizens. Activities in community service are through branding training, product photos, data processing on the website and e-commerce training. The results of the activity show that with the Graphic Standard Manual (GSM) for the Logo, the identity to achieve brand awareness can be applied in a variety of design allocated to print and digital promotional media such as websites that have been developed. With the website as a digital platform it is hoped that it can become a forum for BTWI residents who want to increase their business profits with the breath of the entrepreneur's village because of the citizens' image.

Keywordsentrepreneur, branding, marketplace, website, MSME


Full Text:

PDF

References


Ferrinadewi, E. (2007). Pengaruh threat emotion konsumen dan brand trust pada keputusan pembelian produk susu Anlene di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan, 1(2), 1-8.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018).Efektivitas Promosi Melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 3(2), 239-247.

Marwati, S., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, dan Asosiasi Merek terhadap Keputusan Pembelian melalui Ekuitas Merek (Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Blackberry di Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(3), 30-39.

Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Produk Sari Apel Siiplah Di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 31(1), 26-34.

Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start Up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1-9.

Radder, L., & Huang, W. (2008). High-involvement and low-involvement products: A comparison of brand awareness among students at a South African university. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 12(2), 232-243.

Sadiyoko, A. (2017). Industry 4.0: Ancaman, Tantangan atau Kesempatan. Orasi Ilmiah. Fakultas Teknologi Industri Universitas Parahyangan.

Sutrisno, A. A. (2018). Efektifitas Media Periklanan Dengan Memanfaatkan Point of Contact. Prosiding Seminar Antar Bangsa : Seni Budaya dan Desain, 15–20.

Widyawati, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen serta bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Zakiah Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 12(1), 74-96.

Yazia, V. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 165-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p171-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.