PASAR DESA DIGITAL BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM

Joko Samodra, Andreas Syah Pahlevi, Yon Ade Lose Hermanto

Abstract


Permasalahan yang dimiliki pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di desa Tunjungtirto kecamatan Singosari Kabupaten Malang yaitu masih menjalankan usahanya dengan sistem tradisional, belum memiliki media promosi dan pemasaran serta belum memiliki ketrampilan yang memadai dalam menggunakan media berbasis web. Tujuan kegiatan ini agar para pelaku usaha  memiliki media promosi dan pemasaran yang efektif bagi peningkatan penjualan produknya. Metode pendekatannya adalah pelatihan dan pendampingan dengan konten pembuatan platform ecommerce pasar desa digital berbasis web, fungsi dan fitur media berbasis web, dan memberikan bekal ketrampilan yang memadai tentang cara menggunakan medianya. Hasil pengembangan dan evaluasi kegiatan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam hal pembuatan, pemanfaatan media berbasis web dengan indikator telah terwujudnya media online dan sekaligus diuji coba untuk kegiatan promosi dan pemasaran produk mereka.

Kata kunciPasar Desa, Digital, Media Promosi, UMKM

 

Abstract 

Problems that are owned by Micro and Medium Enterprises (SMEs) in the village of Tunjungtirto, Singosari sub-district, Malang Regency, are still running their business with traditional systems, do not have promotion and marketing media and do not yet have adequate skills in using web-based media. The purpose of this activity is for businesses to have effective promotional and marketing media to increase sales of their products. The approach method is training and mentoring with the content of making web-based digital village market ecommerce platforms, web-based media functions and features, and providing adequate skills on how to use the media. The results of the development and evaluation of activities can be concluded that there is an increase in knowledge and skills in terms of making, using web-based media with indicators that online media have been realized and at the same time being tested for promotional activities and marketing of their products.

KeywordsVillage Market, Digital, Media Promotion, SMEs


Full Text:

PDF

References


Andoyo, A., & Sujarwadi, A. (2017). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 1-10.

Andriyanto, I. (2019). Penguatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Commerce. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 6(2), 87-100.

APJII. (2017). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. (Online), (http://www.apjii.or.id), diakses 1 Agustus 2018.

Febriantoro, W. (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(2), 184-207.

Lestari, D. P. (2015). Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412-424.

Nugroho, A., Daru, A.F., & Adhiwibowo, W. (2014). Pengembangan Pemasaran Online Usaha Kerajinan Enceng Gondok dan Pandan di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Transformatika, 12(1), 19-23.

Purbo, O.W., & Wahyudi, A.A. (2001). Mengenal E-Commerce. Elex Komputindo. Jakarta.

Samodra, J., & Herwanto, A.P. (2019). Web-based Application Development For Measuring Efficiency of Information Publication Using Data Envelopment Analysis. International Journal of Advanced Research in Technology and Innovation, 1(2) 56-63.

Suhud, R., & Rezaldi, M.Y. (2014). Pengembangan Sistem E-commerce Paguyuban Usaha Kecil dan Menengah Karya Mandiri di Tegal. Widyariset, 17(1), 49-57.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada Ecommerce Perusahaan Top Dunia. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Utomo, S.H., Qurrata, V.A., Purnamasari, V., & Seprillina, L. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah Alas Kaki Berbahan Kulit. Jurnal Karinov, 2(1), 57-61.

Tajuddin, M., & Manan, A. (2017). Model Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Online Dalam Mendukung Pariwisata. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 17(1), 66-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p177-180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.