Marketing Online untuk Memperluas Pangsa Pasar Inovasi Kerajinan Gerabah Desa Tondowulan Jombang

Dias Nina Desita, M. Romadlon Deni, Nur Kholis, Sholikhatun Khasanah

Abstract


Salah satu desa yang dapat dikembangkan potensi kewirausahaannya adalah Desa Tondowulan Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Mayoritas masyarakat desa ini merupakan pengrajin gerabah dengan produk yang dibuat masih sebatas cobek dan layah. Pemasaran produk yang digunakan juga sebatas dari mulut ke mulut (mouth to mouth) sehingga usaha yang dijalankan masyarakat cenderung kurang berkembang. Melihat situasi semacam ini, warga Desa Tondowulan memerlukan adanya inovasi dalam pembuatan produk gerabah, misalnya pembuatan produk gerabah menjadi souvenir yang menarik dan bernilai ekonomi tinggi. Selain itu juga diperlukan pemasaran yang lebih efektif guna memperluas pangsa pasar agar permintaan terhadap gerabah meningkat. Berdasarkan hal ini memberikan solusi kepada masyarakat Desa Tondowulan berupa pelatihan pemasaran online dan pembuatan produk gerabah menjadi souvenir. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan pengabdian ini terhitung memuaskan dengan rincian: 1) Pengrajin Gerabah Desa Tondowulan memiliki keahlian dalam membuat gerabah souvenir dan packaging-nya yang menarik; dan 2) Warga Desa Tondowulan memiliki akun penjualan online untuk  memasarkan produk gerabahnya secara lebih luas. 

 

Kata kunci marketing online, souvenir gerabah, Desa Tondowula

 

Abstract

 

One of the villages that can develop their entrepreneurial potential is Tondowulan Village, Plandaan District, in Jombang Regency. The majority of the village community are pottery artisans with products made that are still limited to mortification and disrepair. Marketing of products used is also limited, they just use word of mouth marketing strategy, so that businesses run by communities tend to be less developed. Seeing this kind of situation, the residents of Tondowulan Village need innovation in making pottery products, for example making pottery products into interesting souvenirs and high economic value. It also requires more effective marketing to expand market share so that demand for pottery increases. Based on this, provide solutions to the Tondowulan Village community in the form of online marketing training and making pottery products into souvenirs. The results achieved in the implementation of this service are satisfactory with the following details: 1) Pottery Craftsman in Tondowulan Village has expertise in making attractive souvenirs and packaging pottery; and 2) Residents of Tondowulan Village have an online sales account to market their pottery products more broadly.

 

Keywords online marketing, pottery souvenirs, Tondowulan Village

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., & Lakhan, A. (2012). Effect of Product Packaging in Consumer Buying Decision. 10.

Deliya, M. M. M., & Parmar, M. B. J. (2016). Role of Packaging on Consumer Buying Behavior–Patan District. 21.

Gita Purwasih, J. H., Wijaya, M., & Kartono, D. T. (2019). Strategi Bertahan Hidup Perajin Gerabah Tradisional. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 159. https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n2.p159-167.2019

Schwarzl, S., & Grabowska, M. (2015). Оnline marketing strategies: The future is here. Journal of International Studies, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.14254/2071-8330.2015/8-2/16

Soebijarso, K. (1992). Anyaman pita kulit pada gerabah, menghasilkan produk baru. Majalah Kulit, Karet, dan Plastik, 7(12–13), 1. https://doi.org/10.20543/mkkp.v7i12-13.469

Soebroto, R. B. G. (2018). Sentra Gerabah Desa Selogabus, Kec. Parengan Tuban, Pilihan Untuk Punah; Perajinnya Beralih Menjadi Tkw Atau Pembantu Rumah Tangga. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 209. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4439

Sundari, J., & Nainggolan, E. R. (2017). E-Marketplace Desa Gerabah Untuk Pengrajin Di Desa Bumi Jaya Serang Banten. 3(1), 6.

Thφgersen, J. (1999). The Ethical Consumer. Moral Norms and Packaging Choice. Journal of Consumer Policy, 22(4), 439–460. https://doi.org/10.1023/A:1006225711603




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v3i2p111-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.