Pelatihan Peer Educator Berhenti Merokok di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Menggunakan Pendekatan E-Learning Model

Elia Nur Ayunin, Sarah Handayani2, Rachma Dhiyaa Arroyyan, Ganesa Deltasari

Abstract


Seorang perokok memerlukan kesadaran, keinginan dan kesiapan untuk dapat berhenti merokok. Untuk memunculkan hal tersebut, maka diperlukan informasi dan dukungan dari lingkungan sekitar perokok. Dengan demikian dibentuklah sebuah kegiatan pemberdayaan kepada kelompok siswa-siswi yang bertujuan untuk membentuk peer educator / pendidik sebaya bagi kelompok sebayanya di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal. Dengan harapan, remaja yang telah dilatih sebagai peer educator akan menyebar luaskan informasi terkait bahaya rokok, manfaat berhenti merokok dan tahapan berhenti merokok. Sehingga dapat memunculkan kesadaran, keinginan dan kesiapan berhenti merokok pada remaja perokok. Metode yang dipergunakan adalah pemberian materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait rokok dan perilaku berhenti merokok kepada peer educator berhenti merokok dengan berbasis internet atau disebut dengan program learning atau e-learning. Hasil evaluasi tahap satu atau reaksi terhadap kegiatan ini secara keseluruhan dapat disimpulkan sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dari penilaian kepuasan oleh kelompok sasaran terhadap narasumber, isi materi dan media/video. Hasil evaluasi tahap dua atau evaluasi pembelajaran menunjukkan adanya perubahan sangat baik dan positif terhadap pengetahuan terkait rokok, sikap terkait keyakinan terhadap perilaku rokok serta self efficacy / keyakinan diri menjadi peer educator untuk sebayanya dalam pendampingan perilaku berhenti merokok.

Full Text:

PDF

References


Ayunin, Elia Nur, and Hadi Pratomo. 2019. “Effectiveness of the Combination Training of Lactation Management and Kangaroo Mother Care (KMC) to Midwives in Boyolali.” Annals of Tropical Medicine and Public Health 22(11). doi: 10.36295/ASRO.2019.221127.

Bandura, Albert. 1977. “Self-Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change.” Psychological Review 84(2):191–215.

Bilgiç, Nurcan, and Türkan Günay. 2018. “Evaluation of Effectiveness of Peer Education on Smoking Behavior among High School Students.” Saudi Medical Journal 39(1):74–80. doi: 10.15537/smj.2018.1.21774.

FC, Chang, Sung HY, Zhu SH, Feng TY, and Chiou ST. 2017. “Effects of Smoking Cessation Media and Community Campaigns in Taiwan.” American Journal of Health Promotion 31 (1):43–51. doi: https://doi.org/10.4278/ajhp.140922-QUAN-457.

GYTS. 2019. “Fact Sheet Global Youth Tobacco Survey (GYTS) in Indonesia 2019.” II:1–7.

Islamiati, N., L. D. Afriyani, E. Salafas, and ... 2020. “Pelatihan Online Pada Remaja Tentang Akupresure Untuk Mengatasi Nyeri Haid (Dismenorhea).” Prosiding Seminar Online Kebidanan Universitas Ungdi Waluyo Semarang. 1:19–26.

Kirkpatrick, D. L., and J. D. Kirkpatrick. 2009. Evaluating Training Programs – The Four Levels. San Frasisco: Berret-Koehler Publisher Inc.

Kumar, Arunaz, Sam Sturrock, Euan M. Wallace, Debra Nestel, Donna Lucey, Sally Stoyles, Jenny Morgan, Peter Neil, Michelle Schlipalius, and Philip Dekoninck. 2018. “Evaluation of Learning from Practical Obstetric Multi-Professional Training and Its Impact on Patient Outcomes in Australia Using Kirkpatrick’s Framework: A Mixed Methods Study.” BMJ Open 8(2):1–9. doi: 10.1136/bmjopen-2017-017451.

Kurwiyah, Neneng. 2018. “PERAN KONSELOR SEBAYA TERHADAP UPAYA BERHENTI MEROKOK DI SMP 219 JAKARTA.” Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice 1(2):27–33. doi: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v1i2.27-33.

Larasati, Esti Rossa, Wita Saraswati, Henny Utami Setiawan, Silda Sabila Rahma, Agustina Gianina, Cindy Alicia Estherline, Fitri Nurmalasari, Nauri Nabiela Annisa, Indah Septiani, and Gesnita Nugraheni. 2019. “Motivasi Berhenti Merokok Pada Perokok Dewasa Muda Berdasarkan Transtheoretical Model (TTM).” Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia 5(2):85. doi: 10.20473/jfiki.v5i22018.85-92.

Nolan, D., D. Whooley, and P. White. 2000. Smoking Cessation Guidelines [5]. A Pegasus Healthcare International Publication.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Orsal, Ozgul, and Ayse Ergun. 2021. “The Effect of Peer Education on Decision-Making, Smoking-Promoting Factors, Self-Efficacy, Addiction, and Behavior Change in the Process of Quitting Smoking of Young People.” Risk Management and Healthcare Policy 14:925–45. doi: 10.2147/RMHP.S280393.

Rohmawati, Dhian Luluh, Nurul Hidayah, and Marwan Marwan. 2020. “Pelatihan Konselor Teman Sebaya Dalam Upaya Peningkatan Gizi Dan Reproduksi Pada Remaja.” Journal of Community Engagement in Health 3(2):194–99. doi: 10.30994/jceh.v3i2.46.

Sampurno, Muchammad Bayu Tejo, Tri Cahyo Kusumandyoko, and Muh Ariffudin Islam. 2020. “Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, Dan Pandemi COVID-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15210.

Sariyani, Made Dewi, Kadek Sri Ariyanti, Rini Winangsih, Cokorda Istri, and Mita Pemayun. 2020. “Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Tabanan Tahun 2020.” Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE) 90–97.

Smidt, Andy, Susan Balandin, Jeff Sigafoos, and Vicki A. Reed. 2009. “The Kirkpatrick Model: A Useful Tool for Evaluating Training Outcomes.” Journal of Intellectual and Developmental Disability 34(3):266–74. doi: 10.1080/13668250903093125.

Taylor, Gemma M. J., Michael N. Dalili, Monika Semwal, Marta Civljak, Aziz Sheikh, and Josip Car. 2017. “Internet-Based Interventions for Smoking Cessation.” Cochrane Database of Systematic Reviews 2017(9). doi: 10.1002/14651858.CD007078.pub5.

West, Robert. 2017. “Tobacco Smoking: Health Impact, Prevalence, Correlates and Interventions.” Psychology and Health 32(8):1018–36. doi: 10.1080/08870446.2017.1325890.

West, Robert, Ann McNeill, and Martin Raw. 2000. “Smoking Cessation Guidelines for Health Professionals: An Update.” Thorax 55(12):987–99. doi: 10.1136/thorax.55.12.987.

Wijaya, Reni, Mustika Lukman, and Dorris Yadewani. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning.” Dimensi 9(2):307–22.

Yzer, Marco, Jiyoung Han, and Kelvin Choi. 2018. “Eye Movement Patterns in Response to Anti-Binge Drinking Messages.” Health Communication 33(12):1454–61.

Zare, Marzieh, and Fatemeh Vizeshfar. 2019. “Archive of SID Evaluation of Health Education Volunteering Program Based on ‘Kirkpatrick Model.’” Journal of Health Promotion Management 8(100185):30–34. doi: 10.21859/jhpm.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v4i2p101-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.