KOMPETENSI PEMBUATAN POLA BUSANA BERBASIS CAD PATTERN SYSTEM GURU SMK TATA BUSANA DI MALANG RAYA

Idah Hadijah, Hapsari Kusumawardani, Nurul Aini

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah, penguasaan software Computer Aided Design (CAD) pattern system untuk (pembuatan pola busana) yang perlu dikuasai oleh siswa,  tidak terlepas dari penguasaan CAD pattern system yang di kuasai oleh pendidik/guru. Namun  pada saat ini, kemampuan guru tata busana ataupun siswanya dalam pembuatan pola busana secara komputerisasi masih jarang dimiliki.  Padahal melalui  teknologi CAD, dapat mencapai produk lebih cepat, disamping itu , karena grading  dan marking otomatis, pola busana lebih akurat dan persentase penggunaan bahan  lebih efisien. Berdasarkan hal tersebut perlu diupayakan peningkatan kemampuan guru SMK tata busana dalam penguasaan/kemampuan pembuatan pola busana secara komputerisasi,  salah satu upaya tersebut  yaitu melalui Pelatihan Pembuatan Pola Busana  Berbasis CAD pattern system Pada Guru  SMK Tata Busana Di Kota Malang.

Metode yang digunakan berupa penyampaian materi teori dan praktik dengan ceramah, demonstrasi dan praktikum.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung 8 pertemuan, setiap pertemuan 4 jam, total 32 jam, yang dilaksanakan hari sabtu-minggu 7-8 April 2018 dan 21-22 April 2018, yang dikuiti oleh 23 peserta. Kegiatan berupa penyampaian materi dan praktek langsung pembuatan pola busana menggunakan CAD pattern system.

Hasil kegiatan adalah meningkatnya kemampuan peserta pelatihan dalam pembautan pola busana menggunakan CAD patterm system.

Mengingat besarnya manfaat kegiatan pengabdian pada masyarakat, selanjutnya perlu pelatihan serupa pada masyarakat yang berbeda, wilayah yang berbeda,  agar peningkatan kompetensi pembuatan pola busana menggunakan CAD pattern system dapat menjangkau sasaran lebih luas.

Kata kunci: Pola Busana, CAD Patttern System




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v1i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.