PENERAPAN TEKNIK BERKARYA SENI UNTUK PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU TK KOTA MALANG

Usep Kustiawan, Retno Tri Wulandari, Suryadi Suryadi

Abstract


ABSTRAK

Guru-guru TK di kota Malang pada umumnya mengalami kesulitan dalam proses menciptakan karya seni yang berhubungan dengan anak usia dini padahal dalam praktek pembelajaran di TK sehari-hari tidak bisa lepas dari kegiatan seni baik seni rupa, seni musik, maupun seni tari. Adapun yang sudah mampu membuat karya seni mengalami kesulitan dalam membuat laporan karya seni supaya dapat dinilai sebagai karya inovatif untuk Pengembangkan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Tujuan pelatihan ini agar guru TK di kota Malang memiliki wawasan dan  keterampilan  teknik menciptakan karya seni serta proses membuat laporan karya seni yang yang dapat dinilai sebagai karya inovatif  untuk mengembangkan keprofesiannya. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah sebagai berikut: (1) Metode ceramah dan Tanya jawab untuk mengenalkan bahan dan alat yang digunakan dalam berkara seni, ; (2) Metode demontarsi untuk memperagakan teknik pembuatan jenis-jenis karya seni; (3) Metode pemberian tugas dan praktik berkarya untuk membuat jenis-jenis hasil karya seni sesuai tema anak usia dini. Hasil dari pelatihan ini berupa; a) produk  jenis-jenis karya seni rupa yaitu lukisan/gambar, benda kerajinan, hasil cetakan; b) karya seni tari yaitu jenis-jenis tarian anak, property tari, tatarias tari; c) , karya seni musik berupa jenis-jenis lagu  yang berhubunan dengan anak usia dini berdasarkan tema-tema pengembangan di TK.  

Kata Kunci: Teknik berkarya seni, Pengembanagan Keprofesian

Berkelanjutan




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v1i3p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.