PEMBERDAYAAN BAGI ANAK ASUH LEMBAGA WINDYAS CLUB MELALUI PENINGKATAN VOKASIONAL BATIK TULIS MENUJU EKONOMI KREATIF

Djoko Dwi Kusumanjanto, Dyah Ayu Mentari, Hanum Kartikasari, Andi Basuki

Abstract


Universitas Negeri Malang sebagai salah satu Perguruan tinggi Negeri di Indonesia merupakan salah satu lembaga yang wajib berperan serta dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Kewajiban dosen sebagai civitas akademika Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat dapat diwujudkan dengan melaksanakan pemberdayaan masyarakat sekitar sebagai bentuk dari tanggung jawab Perguruan Tinggi terhadap pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Sehingga pembangunan harus merupakan perubahan sosial yang tidak hanya terjadi pada taraf kehidupan masyarakat belaka tetapi juga pada peranan unsur-unsur didalamnya. Bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan tim pengabdian masyarakat adalah melalui pemberdayaan masyarakat yang sasarannya adalah anak-anak dari keluarga prasejatera dan anak yatim di Kelurahan Bakalan Krajan, Kota Malang bekerjasama dengan Lembaga Windyas Club sebagai orang tua asuhnya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan vokasional batik tulis. Langkah-langkah pelaksanaan pengabdian masyarakat dimulai dari perekrutan dan sosialisasi peserta kemudian melakukan kunjungan industri di industri batik tulis dilanjutkan pelatihan. Pada saat pelatihan didatangkan pembatik profesional sehingga peserta dapat belajar dan dibina langsung tentang cara membatik yang benar. Tujuan dari pelatihan ini adalah membentuk wirausaha mandiri dan menjadi bagian dari peningkatan ekonomi kreatif Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung : Citra Umbara.

Rahmawati.2000. Pendidikan Wirausaha dalam Globalisasi, Liberty, Yogyakarta

Ristekdikti.2017.Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi - Edisi XI.Jakarta :Ristekdikti

Hindayani, Fisika, 2009. Mengenal dan Membuat Batik. Jakarta Selatan : Buana Cipta Pustaka

Anas, Titik., dkk. 2014 . Ekonomi Kreatif : Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Jakarta : Kemenparekraf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p15-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.