PEMBENTUKAN DIKLAT (PENDIDIKAN DAN LATIHAN) SEPAKBOLA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Fahrial Amiq, Imam Hariadi, Dona Sandy Yudasmara

Abstract


Sepakbola adalah olahraga yang paling merakyat di Indonesia, artinya bahwa sepakbola menjadi olahraga yang paling banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Sepakbola dimainkan oleh berbagai lapisan masyarakat tanpa membedakan usia, status, kekayaan, dan ras. Agar Indonesia dapat memiliki pemain-pemain yang berkualitas, diperlukan sistem pembinaan pemain yang baik, teratur dan sejak dini. Hanya yang disayangkan adalah sistem pembinaan pemain yang ada pada umumnya belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena belum adanya sarana dan prasarana pembinaan yang memadai, lengkap dan berkualitas serta belum adanya standar kurikulum tentang kepelatihan sepakbola bagi pemain usia dini. Kondisi di atas merupakan salah satu alasan mengapa perlu didirikan sebuah sekolah sepakbola sebagai sarana pembinaan bibit-bibit pemain dengan memperhatikan sarana dan prasarana serta standar kurikulum yang jelas. Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan baik itu pelatihan teknik, fisik, maupun taktik dengan membentuk Diklat (Pendidikan dan Latihan) Sepakbola Universitas Negeri Malang. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa atau peserta yang tergabung dalam Diklat (Pendidikan dan Latihan) Sepakbola Universitas Negeri Malang yang berusia mulai dari 10-14 tahun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode ceramah, demonstrasi dan praktek. Hasil yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa atau peserta yang tergabung dalam Diklat (Pendidikan dan Latihan) Sepakbola Universitas Negeri Malang memiliki keterampilan bermain bola dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF

References


Amiq, F. 2016. Sepakbola. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Bompa, Tudor. 1999. Theory and Methodology of Training. The Key to Athletic Performance.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Harvey, Gill. 2003. Tehnik Mengoper dan Menembak. PT. Gapura Mitra Sejati Jakarta Jawa Pos. 2010. Kongres Sepakbola Nasional. Surabaya: Jawa Pos Grup

Luxbacher, Joseph. 1999. Sepakbola Taktik dan Teknik Bermain. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Luxbacher, Joseph. 1998. Sepakbola. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mielke, Danny. 2007. Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Sucipto. 2000. Sepakbola Latihan dan Strategi. Jakarta: Jaya Putra.

Tenang, John D. 2007. Jurus Pintar Main Bola. Bandung: Mizan Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i2p93-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.