PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERCIRIKAN PENEMUAN TERBIMBING DAN BERBANTUAN APLIKASI PADA MATERI UNTUK KELAS X SMK

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Cholis Sadijah, Makbul Muksar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada materi fungsi kuadrat untuk kelas X SMK yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan bahan ajar bercirikan guided discovery dipilih karena berdasarkan hasil obsevasi peneliti, kegiatan pembelajaran perlu didukung dengan adanya bahan ajar sehingga siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Sedangkan penggunaan aplikasi grapher diharapkan dapat membantu siswa menemukan konsep karakteristik grafik fungsi kuadrat dan mengarahkan hasil kecanggihan teknologi pada pembelajaran. Langkah pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (2010:15). Langkah pertama, preliminary reseach, dilakukan peneliti dengan melakukan pengamatan kelas hingga diperoleh simpulan perlu adanya bahan ajar becirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada pembelajaran materi fungsi kuadrat. Langkah kedua, prototyping phase, dilakukan dengan merancang, membuat kemudian memvalidasi LKS, RPP dan instrumen penelitian. Langkah ketiga, assessment phase, dilakukan dengan menguji coba kepraktisan dan keefektifan bahan ajar pada pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh bahan ajar berupa LKS bercirikan guided discovery dan berbantuan aplikasi grapher pada materi fungsi kuadrat untuk kelas X SMK yang valid, memiliki nilai kepraktisan tinggi dan tingkat keefektifan yang baik

Full Text:

[Download PDF]

References


Badan Standar nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BNSP

Castronova, A. J. 2002. Discovery Learning for the 21th Century: Arthicle Manuscript. Journal Action Research Exchange Vol 1, No 1.

Firdaus, N. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing dan Didukung Geogebra pada Materi Fungsi Kuadrat untuk Kelas X. Tesis Jurusan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Ismail. 2011. Diagnosis and scaffolding on the studnt’s difficulty in drawing grapgic of quadratic function. Thesiss Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Tidak diterbitkan.

Murray, S. 2011. Declining Participation in Post-Compulsory Secondary School Mathematics: Students’ Views of and Solutions to the Problem Vol. 13, No 3. Research in Mathematics Education, Australia, Desember 2011.

Norris, C., Hossain A., dan Soloway E. 2011. Using Smartphones as Essential Tools for Learning: A Call to Place Schools on the Right Side of the 21st Century. Educational Technology, May-June 2011. (Online), Hal: 18-25, (http://citeseerx.ist.psu.edu), diakses 7 desember 2014

Parta, I. N. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru Melalui Pegajuan Pertanyaan. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Plomp, T. dan Nieveen, N. 2010. An Introduction to Educational Desaign Research. Netherlands: SLO.

Souter, T. 2001. Integrating Technology Into the Mathematics Clasroom an Action Research Study. Volda University: Journal Action Research Exchange Vol 1, No 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Prastowo, A. 2014. Pengaruh Teknologi Ber-smartphone terhadap Remaja. (Onlie) (http://citizen6.liputan6.com/read/797577/pengaruh-teknologi-ber-smartphone-terhadap-remaja), diakses pada 24 Mei 2016.

Widyantini, T. 2013. Artikel Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa sebagai Bahan Ajar. Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika. Diakses pada 23 Desember 2014 (Online), (http://p4tkmatematika.org/file/ARTIKEL/Artikel%20Pendidikan/penyusunan%20LKS%20sebagai%20bahan%20ajar_wiwik_untung.pdf )

Zukhrufurrohmah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Mobile Web pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Kependidikan Kejuruan UM. Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v1i22017p137-143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Cholis Sadijah, Makbul Muksar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats