DIAGNOSIS KESULITAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH POLA BILANGAN

Nur Indah Permata Sari, Subanji Subanji, Erry Hidayanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk  kesalahan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pogalan Trenggalek yang dipilih berdasarkan kesalahan dalam tes diagnostik dan kemampuan komunikasi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data penelitian ini adalah lembar hasil jawaban siswa melalui tes awal (tes diagnostik). Aktivitas analisis data adalah (1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, (2) membaca keseluruhan data, (3) menganalisis lebih detail dengan meng – coding data, (4) menerapkan proses coding, (5) menunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali dalam laporan kualitatif serta (6) memaknai data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami subjek SP I, SP II, dan SP III dalam menyelesaikan masalah pola bilangan yaitu (1) mendeteksi keteraturan dalam suatu pola, (2) merumuskan pola dari susunan-susunan bola, dan (3) menentukan banyaknya bola pada suku ke-n.

 


Full Text:

[Download PDF]

References


Barbosa, A. Palhares, P. & Vale, I. 2007. Patterns and Generalization: The Influence of Visual Strategies. Proceedings of the Fifth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 2007: 844-851.

Bieda, K. N., Drwencke, J., & Picard, A. 2014. Reasoning and Proving Opportunities in Elementary Mathematics Textbooks. International Journal of Educational Research, 64: 71–80.

Broza, O & Ben, Y. 2010. The Effect of Using a Video Clip Presenting a Contextual Story on Low-Achieving Students’ Mathematical Discourse. Educational Studies in Mathematics.

Chazan, D. 1993. High School Students’ Justification for the Irviews of Empirical Evidence and Mathematical Proof. Educational Studies in Mathematics, 24(4): 359– 387.

Cresswell, J.W. 2014. Research Design: Pendekatan Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cuoco, A.,Goldenberg, E.P.,& Mark,J.(1996). Habits of Mind : An Organizing Principle for Mathematics Curricula. Journal of Mathematical Behavior,15(4): 375–402.

Healy, L., & Hoyles, C. 2000. A study of Proof Conceptions in Algebra. Journal for Research in Mathematics Education, 31: 396–428.

Hoyles, C.,& Kuchemann, D. 2002. Students’ Understanding of Logical Implication. Educational Studies in Mathematics,51: 93–223.

Irpan, Samsul. 2009. Proses Terjadinya Kesalahan dalam Penalaran Proporsional Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. USA.

Peretz. D. 2006. Enhancing Reasoning Attitudes of Prospective Elementary School Mathematics Teachers. Journal of Mathematics Teacher Education (2006) 9:381–40.

Sasman, M., Olivier, A., Linchevski, L. 1999. Factors influencing Students’ Generalization Thinking Processes. In O. Zaslavski (Ed.). Proceedings of the 23th International Conference for Psychology of Mathematics Education. (Vol. 4, pp.161-168). Haifa, Israel.

Selden, J. & Selden, A. 1995. Unpacking the Logic of Mathematical Statements. Educational Studies in Mathematics, 29(2), 123–151.

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.

Stacey, K. 1989. Finding and Using Patterns in Linear Generalising Problems. Educational Studies in Mathematics 20(2), pp. 147-164.

Subanji., dkk. 1993. Identifikasi Jenis- Jenis Kesalaham Menyelesaikan Soal- Soal Matematika yang Dilakukan Peserta Didik Kelas II Program A1 SMA Negeri Kota Madya Malang Tahun Ajaran 1992/ 1993. Laporan Hasil Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Puslit IKIP Malang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Säfström, A.I. 2013. Exercising Mathematical Competence. Practising Representation Theory and Representing Mathematical Practice. PhD thesis. Göteborgs Universitet. Göteborg.

Thompson, D.R., Senk, S.L.,& Johnson, G. J.(2012). Opportunities to Learn Reasoning and Proof in High School Mathematics Text books. Journal for Research in Mathematics Education,43(3), 253–295

Yaqin, M.H.A. 2011. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menhyederhanakan Pecahan Aljabar dan Upaya Mengatasinya dengan Menggunakan Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i22018p64-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Indah Permata Sari, Subanji Subanji, Erry Hidayanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats