PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATERI KEDUDUKAN RELATIF DUA LINGKARAN

Nindy Mustika Wandani, Syaiful Hamzah Nasution

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif materi kedudukan relatif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan multimedia ini menggunakan software AutoPlay Media Studio 8 dengan mengacu pada  model Lee dan Owens (2004) yang meliputi (1) Assesment/analysis yang terdiri dari need assesment dan front-end analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil validasi dan pengujian media diperoleh skor sebagai berikut: Skor validasi media oleh ahli materi sebesar 90,67%, skor validasi media oleh ahli media sebesar 90%, skor paktisi lapangan oleh guru sebesar 90%, skor evaluasi satu lawan satu sebesar 90,6%, skor evaluasi kelompok kecil sebesar 93%, skor evaluasi lapangan sebesar 93,78%, dan skor uji efektifitas media sebesar 93,75%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif materi kedudukan relatif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif

Full Text:

[Download PDF]

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fauziah, R., Abdullah, A.G & Hakim, D.L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC. Vol. IX (2).

Hartanto, A. 2013. Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Taguhan Sragen. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer FTI UNSA, Vol 2 (1).

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Marjan, J,m Arnyana, L.B.P., Setiawan, I,G.A.N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Penelitian Pascasarjana Undiksha Vol 4.

Milovanovic, M. 2013. Application of Interactive Multimedia Tools in Teaching Mathematics-Examples of Lessons from Geometry. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 12 (1): 29.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nurlailiyah, S., Winarto, H. & Sugiyanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Kompyter dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk SMA. Jurnal Online UM, Vol. 2 (1).

Pradnyana, I.N.T., Tegeh, I.M. & Sudhata, I.G.Q. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pelajaran Matematika Kelas V Semester Genap di SD Negeri 6 Panjer Tahun Pelajaran 2012/2013. E-Journal Penelitian Pascasarjana Undhiksa, Vol 1 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nindy Mustika Wandani, Syaiful Hamzah Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License