PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN NHT DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMP NEGERI 4 PRABUMULIH
Abstract
Abstract This research is based on cooperative learning theory. The main purpose of this research is to explore the differences on the ability of understanding mathematical concepts between students who received cooperative learning type of Team Assisted Individualization (TAI) with Numbered Heads Together (NHT) after controlling the students' initial ability in SMP Negeri 4 Prabumulih. This research used experimental method of Pretest-Postest Control Group Design model, with 212 population and used cluster sampling for Taking the sample, and get 50 Students . Technique of collecting data by using a test, while data analysis technique by using Anakova test and post hoc test with significance level 5%. The results showed that (1) there was a significant difference in the ability of understanding mathematical concepts between students who received cooperative learning type of Team Assisted Individualization (TAI) with Numbered Heads Together (NHT) after controlling the initial ability of students in SMP Negeri 4 Prabumulih, (2) The Ability of understanding mathematical concepts to students who received cooperative learning type Team Assisted Individualization (TAI) is higher than the students who recieved cooperative learning type Numbered Heads Together (NHT) after controlling the students' initial ability in SMP Negeri 4 Prabumulih. The findings of this research may contribute to selection of appropriate learning models by considering another factor.
Keywords : The Initial Ability, The Ability of Understanding Mathematical Concepts, Team Assisted Individualization (TAI), Numbered heads Together (NHT).
Abstrak: Penelitian ini berdasarkan pada teori pembelajaran kooperatif. Tujuan utama penelitian ini adalah menyelidiki perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Numbered Heads Together (NHT) setelah mengontrol kemampuan awal siswa di SMP Negeri 4 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen model Pretest-Postest Control Group Design, dengan populasi 212 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji Anakova dan uji lanjut pos hoc test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Numbered Heads Together (NHT) setelah mengontrol kemampuan awal siswa SMP Negeri 4 Prabumulih, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) setelah mengontrol kemampuan awal siswa di SMP Negeri 4 Prabumulih. Temuan penelitian ini dapat memberikan konstribusi pada pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan mempertimbangkan factor-faktor yang berpengaruh.
Kata Kunci : Kemampuan Awal, Kemampuan Pemahaman Konsep,Team Assisted Individualization (TAI), Numbered heads Together (NHT).
Full Text:
[Download PDF]References
Afrilianto,M.2012.“Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking”Jurnal ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.Vol 1(2):192-202.
Astutui, Ida Ayu Komang,dkk.2013.“Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Numerik”.E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Vol 3.
Astuti, Indra Puji,dkk.2016. “Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan NHT (Numbered Heads Together) dengan Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Siswa pada Pokok Bahasan Fungsi Kela VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 4(8): 793-804.
Awalia, Kurnia,dkk.2016. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 4(4): 366-375.
Danti, Dwi Puspa Nurma, dkk.2015. “Perbandingan Pembelajaran Numbered Head Together dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan Kontruktivisme terhadap prestasi belajar”.JPKM. Vol 2(1):15-21.
Handayani, Ayu, dkk.2014. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun Pelajaran 2013/2014”.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3(2): 1-6.
Herawati,Oktiana Dwi Putra, dkk.2010. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang”.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4(1):71-80.
Karim, dan Aulia Anshariya.2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)untuk melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA”.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4(1):58-67.
Kesumawati,Nila.2008.“Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika”. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika.
Parwata,dkk.2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Geometri ditinjau dari Kemampuan Spasial siswa kelas V SD”.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Vol 3.
Rahayu, Siti,dkk.2014. "Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan NHT pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 2(3):241-249.
Yudha, Chrisnaji Banindra dan Suwarjo.2014. “Peningkatan Kepercayaan Diri dan Proses Belajar Matematika menggunakan Pendektan Realistik pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Prima Edukasia. Vol 2(1):42-56.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p19-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rani Nadianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:
Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License