PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA KULIAH STATISTIKA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS HASYIM ASY’ARI

Dharma Bagus Pratama Putra, Indana Lazulfa, Iftitaahul Mufarrihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul statistika berbasis kompetensi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Borg dan Gall yang memiliki tiga tahap utama yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan modul dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan persentase kevalidan 83,2% dan 88,86% dari validator ahli materi dan ahli media. Persentase kepraktisan sebesar 81,87% dan 88,08% dari praktisi dan ujicoba kelas kecil. Pada ujicoba pemakaian kelas besar terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar dari 38,89 menjadi 75,11. Sehingga modul statistika berbasis kompetensi ini layak untuk digunakan.

Full Text:

[Download PDF]

References


Akker, J. v. (1999). Principles and Methods of Development Research. In R. M. Jan van den Akker, Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barbara Seels, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Percetakan UNJ.

Gay, L. R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Competencies for Analysis and Application, 2nd edition. New York: Macmillan Publisher Company.

Hadi, S. (2004). Statistik. Yogyakarta: Andi.

Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika . Jember: Pena Salsabila.

Kamars, H. D. (1989). Sistem Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, Suatu Studi Perbandingan Antar Beberapa Negara. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK.

Meredith D. Gall, J. P. (2007). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. New York: Pearson.

PDDIKTI. (2018). Retrieved July 28, 2018, from Grafik Jumlah Perguruan Tinggi: https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/homegraphpt

Rahdiyanta, D. (2012, Juni 5). Teknik Penyusunan Modul. Diambil kembali dari staffnew.uny.ac.id.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i22018p57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dharma Bagus Pratama Putra, Indana Lazulfa, Iftitaahul Mufarrihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats