PROSES BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DAN SCAFFOLDINGNYA

Siti Fatimah, Gatot Muhsetyo, Swasono Rahardjo

Abstract


Hasil tes PISA Indonesia dalam tiga periode terakhir masih menempati posisi sepuluh terbawah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir tingkat tinggi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA sebelum dan saat scaffolding. Penelitian  ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singosari, Kabupaten Malang, berupa pemberian tes kepada 31 siswa kelas IX, wawancara dan scaffolding. Scaffolding dilakukan dalam rangka melengkapi aspek-aspek yang belum terpenuhi dalam fase-fase berpikir. Dari penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Proses berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal PISA, sebelum scaffolding telah memuat ketiga fase yang harus dilalui (fase entry, fase attack, dan fase review) tetapi tidak semua aspek pada setiap fase terpenuhi; (2) Scaffolding telah membantu siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Tingkatkan kemampuan guru dalam melakukan scaffolding untuk membantu siswa menemukan aha! dengan lebih cermat terhadap kendala (stuck?) yang dihadapi siswa.


Full Text:

[Download PDF]

References


Abadi, AP. 2014. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri-Pisa Melalui Pemetaan Kognitif dan Scaffolding. Tesis: Tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning, Journal of Mathematics Teacher Education. 9:33-52

Choughlan, S. 2015. Asia peringkat tertinggi sekolah global, Indonesia nomor 69.http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/150513_majalah_asia_sekolah_terbaik.diakses pada 20-11-15

Fatimah, S. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, FMIPA UM. 13 Agustus 2016

Hayati, Izza Nur. 2015. Berpikir pseudo dalam menyelesaikan masalah PISA. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Maulidya. 2015. Proses metakognisi siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Mason, J., Burton, L., Stacey, K. 2010. Thinking Mathematically (Second Edition). Harlow: Pearson

McMahon, BE. 2000. Scaffolding: a suitable teaching characteristic in One-to-one teaching in maths recovery. In bana, J dan Chapman, A (Eds). Proceedings Mathematics education beyond 2000, hlm 417-423, freemantle, western australia

Muhtarom. 2012. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en

Pranoto, I. 2013. Kasmaran Bermatematika. http://www.bincangedukasi.com/kasmaran-bermatematika/ diakses tanggal 18 nov 15

Putra, Y.Y. 2015. Thesis PISA Konteks, Matematika PISA Indonesia. diakses pada 14 September 2016. Tersedia: http://pemerhatipisaindonesia.blogspot.co.id/2015/12/thesis-pisa.html

Putra, Y.Y., Zulkardi, Yusuf Hartono. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 Menggunakan Konteks Lampung. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832

Samani M. 2014. Mengapa Anak Kita Jatuh di Pisa? (Online) tersedia:http://muchlassamani.blogspot.co.id/2014/01/mengapa-anak-kita-jatuh-di-pisa.html

Sujiati, A. 2011. Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Scaffolding.Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Stacey, K. 2011. The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. IndoMS. J.M.E Vol. 2 No. 2 July 2011, pp. 95-126

Stacey, K. 2012. The International Assessment of Mathematical Literacy: PISA 2012 Framework and Items. University of Melbourne. 12th International Congress on Mathematical Education Program Name XX-YY-zz (pp. abcde-fghij) 8 July – 15 July, 2012, COEX, Seoul, Korea

Sunarti, 2015. Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika PISA dan Pelaksanaan Scaffolding. Tesis: tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Trajuningsih, E. 2014. Proses berpikir matematis siswa SMAN 8 Malang dalam menyelesaikan masalah matematika dan scaffolding. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.

Yu, FY. 2013. Effect of online procedural scaffolds and the timing of scaffolding provision on elementary Taiwanese students’ question-generation in a science class. Australian Journal of educational Technology, 29(3), 416-433


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Fatimah, Gatot Muhsetyo, Swasono Rahardjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang


Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License