Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD

Deo Dedika Haking, Yerry Soepriyanto

Abstract


Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan lapangan di SDN Polehan 2 Malang, siswa kurang menguasai materi karena keterbatasan waktu dan metode mengajar yang monoton. pada mata pelajaran PJOK materi renang hanya sebatas buku teks saja. Oleh karenanya perlu dikembangkan media audio visual untuk mempermudah siswa dalam belajar dan memahami materi

Keywords


Media Video Pembelajaran; PJOK

Full Text:

PDF

References


Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74–86.

Arifin, B. (2013). Pengembangan Gerak Dasar Renang Untuk Anak Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 1(1), 1–8.

BAIHAQI M, F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl)(Studi pada Siswa kelas X Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan SMK Negeri 4 Probolinggo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1).

Dwijowinoto, K. (1980). Renang Perkembangan Pengajaran Teknik dan Taktik. Semarang: IKIP Semarang.

Dwijowinoto, K. (1993). Dasar-dasar Ilmiah Kepelatihan. IKIP Malang.

Dwijowinoto, K., & Djeman, S. (1995). Penataran Pelatih Renang Guru Olahraga Se-Kodia Semarang. Semarang.

Georgiev, T., Georgieva, E., & Smrikarov, A. (2004). M-Learning-a New Stage of E-Learning. 2008 International Conference on Machine Learning and Cybernetics. https://doi.org/10.1145/1050330.1050437

Giannousi, M., Mountaki, F., & Kioumourtzoglou, E. (2017). The effects of verbal and visual feedback on performance and learning freestyle swimming in novice swimmers. Kinesiology: International Journal of Fundamental and Applied Kinesiology, 49(1), 65–73.

Gunawan, M. S., Putri, R. I. I., & Zulkardi, M. (2017). Learning Fractions through Swimming Context for Elementary School Students. 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Atlantis Press.

Heryanto, R., Endang, W. W., & Indra, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan “Renang Gaya Dada” Melalui Pelatihan Dasar Renang Dengan Media Video Pada Siswa Di Sd Negeri 05 Bermani Ulu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K-Means Clustering of Student Perceptions on Project-Based Learning Model Application. 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET), 9–12. IEEE.

Lee, D., Morrone, A. S., & Siering, G. (2018). From swimming pool to collaborative learning studio: Pedagogy, space, and technology in a large active learning classroom. Educational Technology Research and Development, 66(1), 95–127.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). TEORI DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Setyoko, R., Bambang, S., & Amrul, B. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Dengan Menggunakan Media Video Pada Siswa Smp N 02 Girimulya. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Suharsimi, A. (2006a). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2006b). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Surahman, E. (2017). Engaged Authentic Assessment (Eaa) Berbasis Self and Peer Assesment (Spa) Sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Abad 21. Grafika Indah, I, 69–81.

Surahman, E. (2019). INTEGRATED MOBILE LEARNING SYSTEM (IMOLES) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT PEBELAJAR UNGGUL ERA DIGITAL. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Whishaw, I. Q., & Tomie, J. (1997). Perseveration on place reversals in spatial swimming pool tasks: further evidence for place learning in hippocampal rats. Hippocampus, 7(4), 361–370.

WIJARATNO, A. (2014). Pengembangan Model Latihan FunSwim Pada Renang Gaya Dada Melalui Media Video Bagi Atlet Pemula Club Oscar Kabupaten Malang. SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan-Fakultas Ilmu Keolahragaan UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Deo Dedika Haking

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats