Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Guru dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di SMAN 21 Garut

Hilman Ramdiana

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita humor pada kegiatan apersepsi pembelajaran terhadap peningkatan motivasi, fokus dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif deskriptif melalui kegiatan pengamatan berkelanjutan. Sampel penelitian merupakan siswa Kelas X MIPA 2 SMAN 21 Garut pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 1 semester pada tahun pelajaran 2018-2019. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa apersepsi menggunakan cerita humor/lucu terbukti berhasil meningkatkan motivasi, fokus dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Hal itu ditunjang dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan apersepsi cerita humor dari 65 menjadi 92,86. Dengan demikian apersepsi cerita homur terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran yang bermutu.

 

Abstract

This research was conducted to determine the effect of humorous stories on apperception learning activities on increasing motivation, focus and enthusiasm of students following the lesson. The method used in this research is a descriptive qualitative method through continuous observation activities. The research sample is students of X MIPA 2 (21 Garut Senior High School) in the subject of Information and Communication Technology. The research was carried out for one semester in the 2018-2019 school year. Based on the results of data analysis, it can be concluded that apperception using humor or humorous stories proved to be successful in increasing student motivation, focus, and enthusiasm in following the lessons. This was supported by an increase in average student learning outcomes before and after applying the humor story perception from 65 to 92.86. Thus the perception of humour stories is proven to improve learning outcomes and teacher professionalism in managing quality learning..


Keywords


Apersepsi pembelajaran; Cerita lucu; Motivasi belajar; konsentrasi; Antusias siswa

Full Text:

PDF

References


Awaludin, S., Santoso, A., & Novitasari, D. (2016). Terapi Humor untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Pada Pasien Pasca Bedah Invasive. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), 59–66.

Chatib, M. (2012). Sekolah anak-anak juara: berbasis kecerdasan jamak dan pendidikan berkeadilan. Kaifa.

Darmansyah, S. T., & Pd, M. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J. S. (2017). Pengaruh Pemberian Cerita Humor Melalui Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Recall Memory.

Kuipers, G. (2015). Good humor, bad taste: A sociology of the joke. Walter de Gruyter GmbH & Co KG.

Lathifah, N. B., Ramli, A. H., & Faizah, F. (2016). Pengaruh Tayangan Humor Terhadap Short Term Memory pada Mahasiswa Baru. MEDIAPSI, 1(1), 10–16.

Makewa, L. N., Role, E., & Genga, J. A. (2011). Teachers’ use of humor in teaching and students’ rating of their effectiveness. International Journal of Education, 3(2), 1.

Munif, C. (2012). Gurunya Manusia; Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Nomor, P. P. R. I. (32AD). tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Negara.

Pemerintah, P. (19AD). Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Schmidt, S. R. (1994). Effects of humor on sentence memory. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 20(4), 953.

Schmidt, S. R., & Williams, A. R. (2001). Memory for humorous cartoons. Memory & Cognition, 29(2), 305–311.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Taufan, M. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32.

Thorndike, E. (2017). Animal intelligence: Experimental studies. Routledge.

UUD. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Jenderal MPR RI.

Wulandari, N. (2017). Efektivitas Strategi Mengajar Menggunakan Humor Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Di Sma X Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi, 2015(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hilman Ramdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

 

Creative Commons License
Jinotep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.